Monday, February 1, 2010

PT Garuda Indonesia berencana untuk memiliki 116 pesawat hingga tahun 2014..

PT Garuda Indonesia berencana untuk memiliki 116 pesawat hingga tahun 2014..

Assalamu’alaikum..
selamat pagi menjelang siang buat kaka2 dan teman-teman airtrans..

PT Garuda Indonesia berencana untuk memiliki 116 pesawat hingga tahun 2014..
sampai saat ini Garuda sudah memiliki 67 pesawat..selain itu pihaknya telah memesan pesawat B777-300 ER sebanyak 10 unit yang akan tiba mulai 2011..peningkatan jumlah armada ini diiringi dengan penambahan rute dan peningkatan frekuensi penerbangan. .sehingga dari sekitar 1700 frekuensi penerbangan per-minggu saat ini akan menjadi lebih dari 3000 penerbangan per-minggu pada tahun 2014.. jumlah penumpang juga ditargetkan akan meningkat dari sekitar 10 juta saat ini menjadi 20 juta pada tahun 2014..

Menurut aku dari wacana diatas,,
rencana tersebut jika terealisasi akan memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat..dan sudah waktunya indonesia lebih memperhatikan industri penerbangan di Indonesia..agar maskapai dalam negeri dapat menggunakan pesawat buatan dalam negeri suatu saat nanti..namun lingkungan pun harus tetap diperhatikan. .karena dunia penerbangan menyumbangkan polusi yang cukup banyak bagi global warming..

menurut kaka2 dan teman-teman airtrans semua,,
apa dampak positif dan negatif dari rencana PT Garuda indonesia memiliki 116 pesawat pada tahun 2014?
dan bagaimana strategi yg harus dimiliki Garuda untuk meningkatkan laba, sehingga rencana tersebut dapat terealisasi mengingat ketatnya persaingan dalam dunia penerbangan?

Terima Kasih Sebelumnya..

Salam ceria selalu
Aria Nindita Wulansari
224107024
S1 MTU/ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
met malam ayya,,,
indah mw ksh komen ni ttg wacana kamu,,
peningkatan jumlah armada yang diiringi dengan penambahan rute dan peningkatan frekuensi penerbangan. . pastinya menguntungkan bagi WNI dalam pencarian kerja,, tp itupun hrs di dasari oleh pendidikan yang luas mengenai penerbangan dan hrs di adakan pelatihan khusus serta serius yang menyangkut pesawat terbang itu sendiri karena kita kan lihat sendiri tiap tahunnya pasti aja selalu ada kecelakaan pesawat terbang yang tidak kita sangka.
Bgitupun dalam peningkatan jumlah armada,, pastinya memerlukan dana yang tidak kecil.
Hal itu perlu d perhatikan,, agar jika hal itu terjadi,, dana itu bnar2 dgunakan dan tidak terbuang sia2.
itulah komen ku,,
mav ya klo ada salah2 kata.

salam kasih
indah
zz' 07
gadizz_lutchu15@yahoo.com

Response :
met malam juga indah..
makasii yaa udah komenin wacana aku..
aku setuju sama kamu,,
kalau penambahan armada pesawat harus dibarengi dengan peningkatan mutu SDM..sehingga diperlukan pelatihan2..memang benar dalam merealisasikan rencana tersebut dibutuhkan dana yang besar..
oleh karena itu,,menurut kamu bagaimana strategi garuda untuk tidak kalah bersaing dengan airlines lain dan mendapatkan profit yg meningkat tiap tahunya??

Response : 
met mlm lg ne,,,
strategi yg harus dimiliki Garuda untuk meningkatkan laba, sehingga rencana tersebut dapat terealisasi mengingat ketatnya persaingan dalam dunia penerbangan, ,
mmm,, mnurut ku mungkin dgn memilih orang2 bnr berkualitas bukan karena mreka memiliki uang banyak loh tp kualitasnya dan juga mreka harus punya kesadaran besar dalam mengemban tugas mreka karena tugas mereka menyangkut keselamatan banyak orang kan. Dalam struktur organisasi/orang2 d penerbangan juga harus terus d perhatikan/ d jangkau terus.
jangan berfikir dari satu sisi saja yaitu keuntungan,, tp jg harus d perhatikan bagaimana mreka agar bisa terus memakai penerbangan kita karena kenyamanan,keselama tan,kecepatan, pokoknya gitu deh.
mungkin kita harus punya motto : keselamatan kalian adalah kebahagiaan kami.
sehingga untuk kedepannya mungkin saja dapat menambah devisa negara,,hehe, ,
mav yo klo ada slah2 kata dalam pendapatku,

salam kasih
indah
zz' 07
gadizz_lutchu15@yahoo.com

Response : 
yups..
aku setuju sama kamu indah..
memang harus kuat SDM di dalam perusahaanya dulu..berawal dari motivasi para pegawainya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan..dan orang2 berkualitas tidak hanya pintar,dan berpengalaman. .
tetapi juga harus memiliki integrasi..agar tidak menjadi benalu dalam perusahaan..seperti koruptor yang sangat merugikan bagi perusahaan..jika Garuda menerapkan strategi tersebut..aku yakin rencana tersebut akan terealisasi. .

salam ceria selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
selamat malam aria nindita
aku mau coba berpendapat ya di wacana mu
menurut aku ada positif nya dan ada pula negatifnya, kalo positifnya aku setuju dengan pendapat kamu, lapangan kerja semakin bertambah jadi dapat mengurangi penggangguran, negatifnya jika Garuda akan menambah armada nya berdampak pula dengan polusi karena salah satu penyumbang tertinggi polusi adalah pesawat,belum lagi kebisingan nya.dan untuk srategi dalam meningkatkan laba dengan cara memberikan pelayanan yang baik agar penumpang merasa puas dengan jasa yang di berikan,dan juga melakukan peningkatan keselamatan( meminimalisasi kecelakaan) agar mana baik dari airline tersebut tidak buruk.

demikian pendapat dari aku ayya
mohon maaf ya jika ada yang salah

Christine Qteen
whiteflowz@yahoo. com

Response :
selamat malam juga Christine..
makasii yaa udah komenin wacana aku..
memang bener pesawat menyumbang polusi tertinggi. dan dampak dari penambahan pesawat dapat meningkatkan polusi...strategi menjaga nama baik dan meningkatkan pelayanan sangat efektif untuk digunakan, untuk menjaga kepercayaan konsumen dan memberikan konsumen kepuasan..
dengan kepercayaan dan kepuasan konsumen maka para konsumen tersebut akan tetap setia menggunakan jasa penerbangan Garuda.. dan dapat meningkatkan profit.. sehingga rencana tersebut dapat terealisasi. .

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com
Response :
Aku mau ngasih opini aku ya ay..
penambahan armada yang banyak seperti itu pasti sangat memerlukan banyak tenaga kerja yang berkualitas dibidangnya. tapi untuk mendapatkan sdm yang banyak agar menutupi kebutuhan armada2 tsb diperlukan banyak waktu dan biaya juga. memang dengan keadaan spt itu membuka lebar lowogan kerja, namun harus tetap dicari yang memenuhi kriteria.
namun disisi lain kita pun harus melihat dampak lingkungan yang diberikan, semakin banyak armada semakin banyak polusi yang akan dikeluarkan. penyediaan tempat armada pun harus diperhatikan dan pengeluaran dana akan semakin meningkat. pengeluaran harus dibarengi dengan pemasukan yang akan diterima dan pemakaian armada yang efektif sehingga armada tersebut tidak hanya menjadi pajangan di apron bandara.
jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya ay..
rida novelia
rie_da2@yahoo.co.id

Response :
makasii yaa rida udah mau komenin wacana aku..
aku setuju sama kamu..kalo penambahan armada sebaiknya di imbangi dengan peningkatan SDM..
dan itu memerlukan biaya yang cukup tinggi..selain untuk membeli armada..
biaya2 tersebut juga digunakan untuk pelatihan SDM..agar berkualitas. .
karena pesawat yang canggih tidak akan berguna jika tidak di imbangi dengan SDM yg berkualitas. .
oleh karena itu menurut kamu bagaimana caranya PT Garuda Indonesi dapat meningkatkan profit tiap tahunya untuk merealisasikan rencana tersebut?
sudah seharusnya..Garuda tidak boleh mementingkan keuntungan semata..mereka harus tetap menjaga lingkungan sekitar...

Salam ceria selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalammuallaikum. .
pendapat aku tentang wacana ayya...
memang benar positif nya baik bagi para masyarakat yang berkecimpung dalam bidang penerbangan dan teknik pesawat, karna pasti sangat memerlukan banyak tenaga ahli dalam biadang tersebut. tetapi selin mempebanyak atau menambah jumlah pesawat, ailine juga harus memperhatikan keadaan pesawat, keselamatan penerbangan dan kenyamanan para penumpang, jangan hanya memikirkan jumlah pesawat saja. tetapi kalau negatifnya pasti bagi pihak angkutan laut dan darat.
maaf ya yya jika pendapat saya banyak yang kurang..

salam
Ratih Pradita
aunt_black22@ yahoo.com

Response :
wa'alaikumsallam ratih..
makasii yaa udah komenin wacana aku..
memang benar salah satu dampak dari penambahan pesawat ini.. yaitu merugikan moda transportasi lain..
semoga aja semua transportasi dapat berkembang lebih baik..
sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan..

Salam ceria selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
malam Aria, saya coba beri pendapat ya.
Mengenai PT Garuda Indonesia berencana untuk memiliki 116 pesawat hingga tahun 2014.
memang memiliki banyak dampak baik. yang salah satunya penambahan lapangan kerja.
Namun seandainya rencana penambahan pesawat tersebut benar adanya tentunya saya juga mendukung rencana tersebut.
Tapi ada banyak hal pula yang harus diperhatikan. Seperti : keselamatan penerbangan, kualitas pelayanan, SDM yang berkualitas.
untuk dapat mempertahankan sebagai market leader dan juga bersaing dengan maskapai penerbangan internasional lain.
Demikian pendapat saya, terima kasih.

regrads
Bayu Prayogo
bayu_dprayogo@ yahoo.com

Reponse :
makasii yaa bayu atas komenya..
kalo aku pribadi tidak terlalu mendukung rencana tersebut..
karena memiliki dampak lingkungan,,
dan juga jika garuda menambah pesawat terlalu banyak..
belum tentu itu akan menambah profit untuk garuda..
jika tidak menggunakan strategi yg tepat..
karena di indonesia saat ini sudah banyak airlines yang bersaing ketat..
apalagi di tahun 2014..
jadi benar kata kamu,,
garuda harus tetap memperhatikan kualitas pelayanan, SDM, dan keselamatan penerbangan. .
agar penambahan pesawat itu tidak sia-sia..

Salam ceria selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalamualaikum

selamat malam semuanya

buat arya
aku mau ikutan ngasih pendapat aku ya diwacana kamu..

kalo menurut aku dampak positifnya garuda akan bisa memperluas kapasitas dalam pengangkutan penumpang karena secara otomatis armada bertambah maka rote yang disediakan akan semakin bertambah dengan begitu garuda dapat menarik penumpang lebih banyak dari sebelumnya.selain itu juga aku setuju sama pendapat kamu kalo armada tersebut ditambahkan maka lapangan kerja akan semakin luas karena dapat menyerap banyak tenaga kerja ahli.

tetapi tenaga kerja yang dibutuhkan harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh garuda.Agar dapat mengimbangi, sehingga semua dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

kalo sisi negatifnya menurut aku akan semakin bertambah besar biaya yang akan dikeluarkan oleh garuda dalam merawat pesawat baru tersebut,jadi supaya garuda bisa mendapatkan keuntungan dari penambahan pesawat tersebut maka harus ada manajemen yang baik dalam hal perencanaan tersebut supaya laba yang di inginkan bisa tercapai secara maximal walapun yang kita ketahui laba yang didapatkan oleh airlines sangat minim.

cukup sekian pendapat dari aku,jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya

best regards
rani ramadhania
ran_chezzy@yahoo. com

Reponse :
wa'alaikumsallam rani..
makasii ya udah komen wacana aku..
aku setuju sama kamu..
penambahan pesawat harus di imbangi dengan perkembangan2 manajemen yang lebih baik di dalam pesawatnya..
agar dapat mengatur secara efektif dan efisien..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
All,
Mengenai Garuda Indonesia ingin menambah pesawatnya hingga 2014 adalah keputusan yang bagus tetapi harus di tingkatkan juga dengan pelayanannya, Karena akan sangat memalukan jika pelayanan tidak di tingakatkan, termasuk keselamatan, Karena konsumen akan selalu membandingkan dengan maskapai yang lainnya, Dan jika konsumennya berkurang dan pindah ke maskapai lain akan berdampak buruk terhadap pendapatan GI sendiri yang harus memelihara pesawat yang banyak itu.
Demikian dari saya.

Regards.
Agus Ellan
scania_turbointercoolerr@yahoo.com

Response :
yupss,,
makasii yaa komenya..
bener bangets..
pesawat-pesawat yang baru itu akan ga berguna kalo tidak dibarengi dengan peningkatan pelayanan dan keselamatan. .
apalagi di tahun 2014 kemungkinan akan banyak airlines lagi yang siap memasuki industri penerbangan untuk bersaing..
semoga rencana penambahan ini menjadi rencana yang baik untuk Garuda dan untuk masyarakat..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
waalaikumsallam Arya,
cndy ikut berpendapat ya..
sesuai pertanyaan kamu ay,apa dampak positif dan negatif dari rencana PT Garuda indonesia memiliki 116 pesawat pada tahun 2014?
untuk dampak positifnya,cndy setuju sama pendapat kamu,dengan rencana penambahan pesawat akan memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat,setidakn ya dapat menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia.Pemilihan SDM juga harus yang berkualitas, artinya SDM yang dipilih memiliki ketrampilan dan kemampuan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Serta dapat meningkatkan kegiatan penerbangan, baik domestik maupun regional dengan adanya rute-rute baru.Tetapi maskapai penerbangan tentunya harus terus meningkatkan sistem keamanan dan kesalamatan mereka.
sedangkan dampak negatifnya,menurut cndy,
Penambahan pesawat pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit,bukan hanya untuk membeli pesawat,tapi juga untuk memperluas kapasitas bandara seperti apron.
sekian pendapat dari cndy,kurang lebihnya maaf ya ay..

salam
chindy febriningtyas
email:che_ndhyy@ yahoo.com
fb:chindy nauri

Response :
Simple Question : How can we got the money ..???
ferry sinurat 
sinuratprogressive@ yahoo.com

Response :
sore bang ferry,
kalau menurut cndy,
uangnya dari keuntungan-keuntung an yang didapat oleh perusahaan,baik dari penjualan produk maupun jasa yang diberikan.
maaf kalau ada pendapat cndy yang salah bang..

salam
chindy febriningtyas
email:che_ndhyy@ yahoo.com
fb:chindy nauri

Response :
buat cindy n bang ferry..
makasii yaa udah komen di wacana aku..
rencana garuda ini memerlukan biaya yang tinggi..
mau nambahin jawaban cindy dari pertanyaan bang ferry,,
seperti yang teman-teman lain katakan atas wacana aku..
kalau selain penambahan armada,,harus di tingkatkan juga kualitas pelayanan, sdm2 yang berkualitas, dan yang paling penting adalah peningkatan keselamatan. .
agar nama baik garuda tetap terjaga..
sehingga konsumen tetap percaya dan setia terhadap garuda untuk menggunakan jasanya..
dari peningkatan kepercayaan dan kesetiaan konsumen untuk menggunakan jasanya,,
profit penjualan garuda dapat meningkat dan rencana tersebut dapat terealisasi. .

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Assaalamualikum semua,,

Buat ayya, aku mau coba ksh pndpt ya.

Aku setuju sama pendapat dr kamu dan temen2 yg lain kalo penambahan pesawat baru apalagi jumlah armadanya cukup banyak pasti membutuhkan biaya yang sangat tinggi.

Selain itu agar rencana garuda dapat terealisasi dengan baik sbaiknya garuda dapat meningkatkan pelayanan penerbangannya, kondisi keuangan, dan efisiensi yang lebih baik. Dengan begitu, Garuda dapat berkompetisi dengan maskapai penerbangan asing seperti Singapore Airlines dan Malaysian Airlines.
sekian dari aku'

regards
dessya
desyarachma@ yahoo.com

Response :
wa'alikumsalam desya..

makasii yaa udah komen wacana aku..
aku setuju sama cara kamu dalam strategi agar terlaksananya rencana tersebut..
memang garuda sebaiknya meningkatan pelayanannya. . dan se-efisien mungkin dalam memanage keuangan perusahaan..
semoga aja Garuda Indonesia menjadi salah satu Airline terbaik di dunia seperti SQ dan Malaysian Airline..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
waalaikumsalam aya,
tika boleh ngasih pendapat ya..
kalo menurut tika dampak positif dari rencana penambahan pesawat oleh PT.Garuda indonesia selain akan menyerap banyak tenaga kerja, dari sisi pengguna jasa transportasi udara khususnya pelanggan setia Garuda jg akan lebih dimanjakan dg brtambahnya pilihan rute dan jadwal penerbangan yg tersedia.
Dampak negatifnya, semakin banyak armada pesawat yg dimiliki oleh Garuda,berarti bertambah pula tanggung jawab dan resiko yg harus di pikul oleh segenap manajemen dalam perusahaan tersebut.
Agar tujuan yg dharapkan untuk memperoleh laba maksimum dapat tercapai,strategi yg hrs djalankan yaitu dg meningkatkan pemasaran dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kualitas Garuda Indonesia.
lalu menjalankan strategi yg telah ditetapkan dg hati-hati guna memperoleh keberhasilan dalam pengembangan tersebut.
Sekian pendapat dr tika,
mohon maav bila ada kekurangan

Best regards
Kartika
bhibellzt@yahoo.com

Response :
makasii yaa tika udah komenin wacana aku..
bener bgts kata kamu,,
kalau garuda seharusnya lebih gencar lagi melakukan promosi..
selain itu agar rencana tersebut terealisasi. .sebaiknya garuda membuka rute2 baru khususnya rute internasioanal. .
agar lebih dikenal oleh masyarakat dunia..
sehingga pemasaran dapat meningkat..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalamualaikum,
ayya, menurut aku rencana ini positif bgt buat dunia penerbangan Indonesia. Garuda sebagai flag carrier sudah seharusnya menjadi maskapai yang bisa di banggakan. mungkin rencana ini juga terkait dengan dibukanya kembali jalur Eropa untuk Garuda.
semoga lapangan kerjabagi anak STMT makin bnayak amien...

best regard,
vini sulfiyani. 07.
vinipinut@yahoo.com

Response :
wa'alaikum salam vini..
makasii udah komen di wacana aku..
menurut aku salah satu faktor rencana garuda untuk menambah jumlah armada yaitu kebijakan dari Uni Eropa..
walaupun itu masih dalam proses..
bener bangets itu akan menambah lapangan pekerjaan khususnya buat anak STMT..
Tapi disamping itu juga banyak sisi negatifnya yang harus diperhatikan oleh Garuda..
terutama masalah lingkungan..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07..
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
ayy.. klo masalah lingkungan mah bukan hanya garuda aja yang harus peduli tapi semua maskapai. krn NOx dari sisa pembuangan bhn bakar pesawat itu merupakan salah satu penyumbang terbesar global warming. semoga ada yang buat wacana tentang lingkungan dan penerbangan. .
Vini Pinut
vinipinut@yahoo.com

Response :
bukan hanya maskapai aja yang harus peduli..
tetapi kita semua..
tapi setidaknya jika garuda tidak mengesampingkan masalah lingkungan dengan penambahan armada sewajarnya,,
itu akan sangat mengurangi polusi..dan dapat menjadi contoh yang harus d ikuti oleh maskapai lain..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalamu'alikum. .
dear arya,,
nia mau berkomen atas wacana kamu ya..
Menurut nia tentang penambahan pesawat oleh PT. Garuda Indonesia. kita bisa melihat dari sisi positif dan negatifnya.. Apakah akan efesien dan efektif??
Untuk sisi positifnya bagus sekali penambahan tersebut sehingga bisa membuat lapangan kerja bagi alumni-alumni yang masih penggangguran, , dan
dari sisi negatif kebanyakan penerimaan kerja sekarang rata-rata sebagai outsourching dan jika penambahan pesawat membuat lapangan pekerjaan jadi ada bukannya hanya untuk orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang penerbangan pesawat saja dan jika melakukan training class tentang penerbangan bukannya akan menambah biaya pengeluaran lagi serta biaya maintenance dan opersional pesawat bukannya juga semakin bertambah untuk yang dikeluarkan oleh PT. Garuda Indonesia, mengingat sudah membuka 18 rute baru tanggal 27 juli 2009 silam..
demikian pendapat nia,,
maaf jika ada kesalahan dalam kata-kata dan pendapatnya. .

Salam Hormat,
Roesadania
ZZU'07
hp : 085715648815
email dan ym : Ocha_ndhut@yahoo.co.id
facebook : ocha_ndhut@yahoo.co.id
twitter : niandhutniez

Response :
wa'alaikum salam ..

makasii yaa nia udah komen di wacana aku..
memang sudah seharusnya rencana memiliki pesawat yang lebih banyak di imbangi dengan persiapan penyediaan crew yang berkualitas. .
dengan melakukan training/pelatihan kepada crew..
namun kenapa saat ini banyak perusahaan yang bekerjasama dengan outsourcing, ,karena memang akan lebih efektif dan effisien..
biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan karyawan sedikit dan mereka bisa mendapat karyawan yang berkualitas. .

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Assalammualaikum Ya...
klo menurut aq sich memang benar, apabila itu semua benar" terealisasi akan membuka peluang yg sangat besar bagi masyarakat di Indonesia untuk bekerja di maskapai tersebut, tetapi yg menjadi pertanyaan'y adalah dengan ada'y penambahan armada tsb kenapa tidak disesuaikan dengan jumlah penerbang di Indonesia yg siapa pakai, alhasil penerbang (pilot) yg akan di pekerjakan di maskapai tsb adalah pilot" dari negara tetangga...so dengan kata lain hal tsb hanya menguntungkan orang luar negeri saja ketimbang orang pribumi itu sendiri.
Mohon maaf apabila ada kata" saya yg salah dan mohon dikoreksi... .terima kasih.

Salam Hormat :
Anomda Rahmadika Putra
ZU07
amonra_rahmadika@ yahoo.com

Response :
wa'alaikumsalam anomda..

makasii yaa udah komenin wacana aku..
seperti wacana teman2 kita sebelumnya..
bahwa di indonesia ini memang masih kekurangan pilot..
sehingga banyak maskapai yang menggunakan pilot asing..
oleh karena itu menurut aku,,sebaiknya garuda sebagai perusahaan BUMN dan mengharumkan nama Indonesia,,sudah seharusnya menggunakan pilot atau crew Indonesia..dengan cara mulai dari sekarang mereka pun harus menyiapkan crew yg berkualitas untuk penambahan pesawat tersebut..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Tetapi menurut saya hal tersebut seperti'y masih jauh dari kenyataan,,pasal' y banyak sekolah tinggi penerbangan di Indonesia yg biaya pendidikan'y sangat mncekik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, yg berdampak pada beralih'y calon mahasiswa terhadap bidang tersebut....

Salam Hormat :
Anomda Rahmadika Putra
ZU07
amonra_rahmadika@ yahoo.com

Response :
tidak ada yang tidak mungkin..
sebenarnya banyak orang yang mau jd pilot..
apalagi anak kecil,,banyak yang cita2nya jadi pilot..
sudah seharusnya pemerintah terutama dari pihak garuda lebih banyak lagi memberikan beasiswa kepada calon2 penerbang terutama bagi yang tidak mampu dan berprestasi. .

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
menurut saya garuda sudah banyak ko memberikan beasisiwa bagi para masyarakat di Indonesia yg ingin menjadi seorang pilot,,tetapi kebanyakan informasi itu hanya sekedar didalam lingkungan internal perusahaan itu sendiri yg menyebabkan hanya orang" dalam lah yg mengetahui informasi tsb, sedangkan untuk masyarakat luas kurang mengetahui hal tsb. Bukankah hal ini sangat menyedihkan. ..?

Anomda Rahmadika
amonra_rahmadika@ yahoo.com

Response :
mungkin itu yang disebut kolusi..
hal itu emang udah lazim terjadi di indonesia..
informasi tidak tersampaikan ke masyarakat luas..
apalagi dalam penerimaan pegawai..
oleh karena itu sebaiknya ada peraturan yang tegas di dalam perusahaan itu sendiri mengenai hal tersebut..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
aya,aku ikutan coment ya..
kalo menurut aku bener sih lapangan kerja akan meningkat banyak.hitung- hitung BUMN membantu mengurangi tingkat pengangguran di negri ini dan menahan orang-orang pintar indonesia untuk bekerja di negara asing.tapi yang aku bingungkan,apakah ada modalnya untuk merealisasikan itu ? sebab sudah sering sekali aku dengar bahwa PT.Garuda merugi.nah jika merugi terus,darimana modal untuk membeli pesawat-pesawat tersebut ? biaya maintenace ? gaji katyawan ? kalo modalnya dari pemerintah sih mungkin saja,tapi apakah efisien ? karna kalau dilihat situasi sekarang negara kita masih terbelit banyak hutang,bencana dimana-mana. dengan 67 pesawat saja PT.Garuda merugi,bagaimana dengan 116 pesawat ? kalau menurut aku sih alangkah baiknya untuk PT.Garuda memanfaatkan pesawat-pesawat yang ada semaksimal mungkin untuk tujuan yang diangankan bagi 116 pesawat tersebut.jika managementnya bagus,kualitasnya terjamin dan keamanan penerbangannya tidak diragukan lagi,pasti PT.Garuda akan maju,begitu juga negri ini.
maaf jika kata-kata ak menyinggung kakak-kakak atau teman sekalian.
best regards,
sinta
arabia_nena@ hotmail.com

Response :
makasii yaa sinta udah komen..
aku juga enggak setuju dengan rencana garuda menambah jumlah pesawatnya..
karena sangat berdampak pada lingkungan..
memang dunia penerbangan akan maju..namun jika setiap maskapai menambah pesawatnya setiap tahun,,belum lagi munculnya airline2 baru..
itu akan sangat menyumbangkan polusi yang sangat besar..
tapi bisa saja terealisasi. .jika garuda menjaga dan meningkatkan reputasinya di masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan keselamatan penumpang..selain itu garuda harus terus melakukan inovasi2 yang menarik masyarakat untuk menggunakan jasanya..
dengan itu kepercayaan dan kesetiaan penumpang akan terjaga dan meningkat..sehingga menghasilkan profit2..
yang paling penting garuda harus memberantas KKN di dalam perusahaannya. .
karena KKN akan sangat merugikan..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
dear arya :
nah itu juga benaaaar.tapi kalau 116 pesawat,tambah parah aja global warmingnya.tambahan lagi dari aku,jangan sekaligus beli banyak pesawat,sebaiknya secara bertahap,10 pesawat tiap tahapnya,agar kalau tidak berhasil juga gak nyesek banget ruginya.

best regards,
sinta
arabia_nena@ hotmail.com

Response :
sekali lagi makasii yaa sinta atas komenya..
siapa tau aja direktur garuda ikut millis ini..
hehehe..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalamualaikum ayya...

ak mau comment jg ni yah ayya...pas baca wacana dari ayya ak langsung kepikiran juga tentang pilot yang nantinya akan menerbangkannya. ..untuk apa pesawat kalau penerbangnya tidak ada? ya kan,,, tapi kalau harus menambah pilot dari negara tetangga bagi ak ga masalah kok,,,lagi pula bukan nya banyak penumpang yang merasa safety klo orang asing yang menerbangkan pesawat,,,?? ? serasa naik maskapai penerbangan internasional mgkin yah,,hehe,,, selama bukan orang asing yang memegang kendali di bagian management Garuda, knapa tidak untuk memperkerjakan orang asing sebagai penerbanngnya? ??

demikian ayya pendapat dari ak,, mohon maaf bila ada salah2 kata

salam,
Fita Kamsahamita
fita_archers@ yahoo.com

Response :
wa'alaikumsalam fita..

thengs udah komenin wacana aku..
dengan rencananya menambah pesawat,,sudah pasti garuda harus menambah pilot n crew yg lain..sampai orang teknis pun harus ditambah..
tapi aku ga setuju kalo memakai pilot asing untuk penambahanya. .selama masih ada pilot dari indonesia..
oleh karena itu kita harus merubah persepsi orang tentang merasa lebih aman dengan pilot internasional. .
mereka semua sama aja..
di luar negeri juga pernah ada pesawat jatuh,,pembajakan, ,dan lain2..
banyak juga pilot indonesia yang pernah sekolah di luar..
karena itu aku lebih setuju bila garuda sebagai icon bangsa menggunakan pilot dalam negeri untuk pesawat2 terbarunya nanti..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Halo Arya,,

aku mau kasih pendapat nih..
Menurut aku si penambahan jumlah pesawat untuk dimiliki itu harus disesuaikan dengan peramalan permintaan yang ada ditahun yang akan datang. Jangan sampai Garuda sudah memili pesawat tambahan nantinya malah jadinya hanya membuang-buang biaya maintanance, yang tidak sesuai dengan permintaan yang ada.
Jadi menurut aku si, lebih baik Garuda melakukan kegiatan forecast dulu..kemudian juga memikirkan dan mencari solusi terhadap dampak-dampak yang akan ditimbulkan karena penambahan jumlah pesawat tadi..
seperti dampak lingkungan, biaya, jumlah tenaga kerja,dll
sepengetahuan aku si begitu arya..hehe
semoga bisa membantu..^^

Salam ceria,
OBUNG
obungamawar@ yahoo.com

Response :
haloo jg obung..
makasii yaa udah komenin wacana aku..
sudah tentu garuda melakukan peramalan jumlah penumpang untuk menambah armadanya..
diperkirakan jumlah penumpang akan bertambah setiap tahunya..
memang rencana penambahan armada ini memiliki risiko yang cukup besar..
salah satu contohnya yaitu PT Garuda Indonesia sudah tentu mengeluarkan biaya tinggi,,
namu jika jumlah permintaan penumpang tidak sesuai dengan harapan..maka Garuda akan merugi..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
yahh namanya juga usaha ay.. pasti ada risikonya. tapi kalo aku yakin, dunia penerbangan ditahun tahun mendatang bukannya akan menurun jumlah peminatnya, tapi akan terus naik.
Vini Pinut
vinipinut@yahoo.com

Response :
tapi bagaimana dengan persaingan airlines lain yang berani harga murah..
walaupun jumlah penumpang naik.tapi belum tentu permintaan penumpang untuk garuda akan naik..jika garuda tidak menggunakan strategi yang tepat menghadapi persaingan dengan airlines lain..

Salam ceria selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
assalamualaikum ayya
dampak positifnya lebih kepada terbukanya kesempatan kerja bagi sdm ,dampak negatifnya kalau 116 pesawat,smakin menambah global warmingnya., sebaiknya secara bertahap dalam menambah pesawat,karena harus diperhitungkan juga pembiayaannya, dan return yang memadai.

salam:stevie
stevieadhi@yahoo.com

Response :
wa'alaikumsalam stevie..

makasii yaa udah komen di wacana aku..
yups,,memang akan membuka lapangan pekerjaan baru..
tapi tetap aja jumlah pengangguran di indonesia masih tinggi..karena setiap tahunnya banyak sekolah2an dan universitas yang menghasilkan ribuan sarjana.itu berarti persaingan akan semakin ketat.ditambah lagi dengan dibukanya era globalisasi. bukan hanya persaingan dalam negeri.tetapi juga dengan masyarakat internasional.
tapi itu seharusnya dimanfaatkan garuda untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
selamat siang semua...

saya ingin berpendapat tentang wacana aya,,
kalau menurut saya ay, dampak positifnya: hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional karena transportasi udara sangat mendukung peningkatan aspek tersebut dan dapat menjadikan peluang kerja yang baru untuk mengurangi pengangguran seperti yang dikatakan oleh aya dan cindy.
kalau dampak negatifnya: bila perkembangan transpotrasi udara yang semakin melesat maka orang lebih condong menggunakan transportasi udara, sedangkan transportasi laut lama kelamaan peminatnya menurun.
sekian pendapat dari saa mohon amaf bila ada kesalahan kata

best regards
Mery Wulandari-zz07
wulandari.mery@ yahoo.com

Response :
siang juga mery..
makasii yaa udah komen di wacana aku..
rencana ini kalau terealisasi akan sangat baik untuk indonesia.bener yang mery katakan akan meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional.mau nambahain juga,,sektor perdagangan internasional pun akan meningkat.
semakin berkembangnya penerbangan belum lagi dengan harganya yang berangsur-angsur mulai dapat dijangkau oleh masyarakat,, memang akan merugikan transportasi laut dan darat.karena demand nya akan berkurang.namun kalau ini di liat dari sisi lain..seharusnya dapat berdampak positif ..
karena itu akan memotivasi perkembangan di dunia transportasi laut dan darat untuk terus berkembang.sehingga mereka tidak kalah saing dengan transportasi udara.

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Assalammualaikum
Aqu ingin kasih pendapat dari wacana Aria, dengan adanya rencana Garuda Indonesia untuk memiliki 116 pesawat itu pastinya akan sangat menguntungkan bagi perekonomian di Indonesia, membuka peluang kerja yang hasilnya akan mengurangi pengangguran, tapi lebih baik memikirkan hal yang sekarang masih terus ada seperti keselamatan dan keamanan, profesional maskapai dalam penerbangan itu sendiri..karena menurut saya buat apa memiliki pesawat yang banyak jika keamanan, kenyamanan, kualitas msh kurang dipercaya oleh seluruh Dunia..jadi, sebaiknya memiliki peswat yang banyak tapi juga dibarengin dengan memperhatikan keamanan, kenyamanan dan kualitas pesawat itu sendiri.

Regards
Ratna Yuniar
ratna.yuniar89@ yahoo.com

Response :
Wa'alaikumsallam ratna..

makasii yaa udah komen di wacana aku..
yups sama seperti teman2 lain katakan..
kalau garuda tidak cukup hanya dengan penambahan pesawat aja..harus di imbangi dengan perbaikan2 faktor pendukungnya. .
rencana garuda menambah maskapai didasari dari bertambahnya jumlah penumpang..
belum lagi keputusa Uni Eropa yang akan mencabut larangannya. .walaupun masih dalam proses..
ditambah lagi denga era globalisasi yang diramalkan akan banyak WNA dan WNI yang keluar masuk negara kesatuan RI ini..
tetapi aku tetap tidak setuju karena berdampak sangat buruk bagi lingkungan..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayya_zone@yahoo.com

Response :
Walaikumsalam. wr.wb
Siang Arya.....

Menurut aku, pihak PT Garuda Indonesia sudah mempunyai perencanaan yang sangat matang sekali untuk menambah armada pesawanya dengan melihat berbagai kondisi khususnya salah satu pertimbangan PT Garuda Indonesia yaitu dengan memperhatikan global warming, sehingga PT Garuda Indonesia memesan pesawat B777-300 ER dengan teknologi yang canggih akan mengurangi NOx dari sisa pembuangan bahan bakar pesawat dan PT. Garuda Indonesia tetap dapat melayani pangsa pasar permintaa serta memberikan efek yang baik untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Semua ini harus di imbangi oleh keuangan PT. Garuda Indonesia yang di iringi oleh investasi yang kuat.

Sekian pendapat saya, maaf jika masih banyak kekuranga.

Best regard
retno komalasari
eno_ndut@yahoo. com

Response :
Makasii yaa mba no komenya..
semoga saja PT Garuda Indonesia tetap memperhatikan masalah lingkungan.. sehingga dapat di contoh oleh seluruh maskapai Indonesia..
masalah keuangan,,garuda harus pintar2 mengatur strategi agar dapat meningkatkan profit setiap tahunya...

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Waalaikum salam Aria.

Saya akan berpendapat dalam wacana ini.
Pada prinsipnya saya setuju dengan Aria bahwa apabila hal tersebut direalisasikan akan menambah lapangan kerja. Menurut saya pertumbuhan frekuensi dan penambahan rute memang harus menambahkan pesawat namun harus diikuti dengan fasilitas bandara dan penambahan terminal. Seperti yang kita ketahui di tahuhn 2010 pemerintah mengeluarkan anggaran 2 triliun untuk pembangunan bandara dan perbaikan namun dana sebesar itu saja belum cukup.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima Kasih

Name : Said Fadhli Assegaff
Nick name : ebe
ebe_capaldi@ yahoo.com

Response :
makasii yaa be udah memberikan opini..
mungkin hal tersebut merupakan salah satu alasan kenapa garuda ingin terus menambah pesawatnya..
seperti opini dari teman2 yg lain juga,,
bahwa penambahan armada ini harus di imbangi dengan penambahan fasilitas2 di bandara dan penambahan SDM2 yang berkualitas untuk mendukung rencana tersebut..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Sunday, January 31, 2010

Hadiah Terindah Dari Siswa Ground Handling

dear AIRTRANS
dibawah ini adalah kumpulan karya besar siswa/i saya di kelas ground handling
bagi saya semua curhat siswa/i adalah Hadiah Terindah selama saya menjadi dosen mereka.

Sabtu 30 Januari 2010 adalah perkuliahan terakhir Ground Handling dan mereka memberi saya hadiah, yaitu kritik dan saran.

kadang2 saya tertawa geli, tersenyum, kaget senang dan haru membaca kritik dan saran mereka, banyak hal tak terduga...

terima kasih seluruh siswa/i ku tercinta, saran dan kritikmu itu adalah kalimat yang akan selalu saya ingat, baik atau buruk isinya bagi saya adalah baik dan berguna bagi saya

berikut adalah karya besar siswa/i saya, please enjoy it...




Assalamualaikum wr wb
Mohon maaf pak sebelumnya
Menurut saya, sebenarnya cara mengajar bpa suda sangat unik dlm memberikan nilai jika ada yg bs jawab
Itu bs membuat motivasi baru bagi kami
Tapi kekurangannya, bapak nsh agak kurang detail & jelas dlm menjelaskan kadang terburu-2 sehingga bagi sebagian kami yg blm benar-2 mengerti sehingga kami jadi takut untuk bertanya. Trima kasih pak dlm pengajaranya dan mengajak kami bergabung di milis airtrans karna sangat berguna untuk jaringan kami mencari kerja nanti
Saya sebel sama bapak, karena tugasnya memerlukan biaya, sedangkan saya hanya punya tenaga dan pikiran, semua ini membuat hati saya down dan minder karena dengan kemajuan teknologi saya tidak punya.
Tapi semua ini membuat pengalaman saya untuk bertindak & doa, ternyata saya memanfaatkan laptop teman saya bila ia kuliah dan akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini selama 1 bulan
Tapi selama mata kuliah bapak saya hanya berfikir gimana saya mendapatkan semua itu
Akhirnya saya nabung, akhirnya saya mendapatkan itu semua.
Terima kasih Tuhan, karena bapak saya bisa punya tekat untuk membeli itu hingga akhirnya aku mendapatkannya.
Pendapat saya tentang pak eko pada saat ngajar :
  1. terlalu cepat dalam menjelaskan
  2. terkadang kalau kasih kasus tidak dijelaskan sampai tuntas
  3. on time banget
  4. ga pernah ga masuk (rajin)
  5. baik nilai
  6. pokoknya pak eko the best deh pa lagi cara berpikir bapak
to : pak eko
saya mencoba menyukai bapak
pak jangan terlalu disiplin waktu, mahasiswa telat masuk pernah tidak diabsen.. keperluan orang tidak terduga sehingga bias saja tiba2 telat masuk kelas
saya suka dengan cara mengajar bapak yg santai dan celetukan-celetukan yang memotivasi saya utk lebih meningkatkan kemampuan berpikir saya, satu lagi pak kalo ngecengin orang pake perasaan hehehehei
pak eko….
Kocak, gokil, dikelas kadang aku bisa santai. Kalo lagi males ya males. Hahaha…
Ga pernah dimarahin bias ngomong bebas apa aja hehehe..
Tapi tugasnya bo… bikin asoy mantengin computer / laptop buat baca email yang gila2an smpe ribuan loh…wahaha… tetap semangat pak
Salam ceria selalu
Dear pak eko
Lucu banget kelas bapak, tapi tugasnya buset dah…bikin puyeng ! semester depan ngajarin kita lagi ya pak, tapi tugasnya jangan susah2. kapan2 bawa donk istri bapak, udah 1 semester ga pernah liat2 kita
Makasih ya pak..udah ngajarin kita GH + cara dagang di airtrans hahaha…
Pendapat buat pak eko probo
Tugas mandirinya masih ngebingungin pak..^_^
Cara ngajarnya enak, tapi kadang suka bingung musti pake logika sendiri
Pendapat utk pak eko probo
Kalo di milis suka bingung karena banyak peraturan, musti  begini, musti begitu. Takut salah nulis atau penyampaiannya salah
Tapi enaknya bapak itu baik termasuk gaul jadi dosen walaupun kata2nya toktok bikin sakit hati hehe
Cara ngajarnya enak koq, suka bantui anak2 ngerjain tugas kyanya bapak paling update klo masalah internet
HIDUP MAHASISWA !!
Salam hormat pak eko
Metode pembelajaran yg bpk berikan sangat menarik. Tugas yang harus dibuat juga menggunakan tekhnologi bahkan FB Airtrans lebih update mengeluarkan nilai UTS daripada ATM Kampus mungkin kedepannya tugasnya lebih disosialisasikan pak. Kayaknya di kelas ini banyak yang mundur dan pasrah gara-2 tugas.
Terimakasih buat ilmunya, semoga menjadi amal jahiriyah buat bapak :)
Utk pa eko
Pa eko itu orangnya unik dan bikin deg2an tiapmasuk ke kelasnya. Selama 1 semester ini saya selalu mikirin pa eko khususnya karena tugas2nya perlu waktu yang lama utk nyelesaiannya, tapi di luar itu semua pak eko adl seorang motivator yang sgt baik. Byk perkataan pa eko di luar materi mata kuliah sgt mengena di hati & selalu membuat saya untuk berfikir di luar batas. Pokoknya walaupun awalnya agak nyesel dapet dosen kaya pak eko, tapi “penderitaan” selama ini sgt terbayar “lunas”
Saya suka dengan cara mengaajar bapak
Lebih realistis !!!
Tegas tapiu fleksibel
Dan yang paling mantab, dia anak motor juga…..
Sama hobinya dengan gw
Salam biker’s
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih atas ilmu yang bapak berikan kepada saya selama 1 semester
Buat saya bapak adalah dosen dengan metode mengajar berbeda. Cara bapak mengajar membuat saya mengerti walaupun tadi saya salah mengerjakan soal di papan tulis, namun dengan kesalahan itu saya jadi tahu cara mengerjakan dengan benar
Pesan : tetap menjadi diri bapak sendiri dengan menjadi diri sendiri kita bias tau apa kekurangan dan kelabihan yang kita miliki
Wassalamualaikum wr wb
To : pak eko
Pak eko baek si tapi saya takut sama tugasnyah karena gaptek tapi dari tugas itu bisa belajar buka email..hehe
Kalo ngajar saya ngga ngerti pak. Pak kalo ngajar bikin tugasnyah jangan susah ampuuuuun
Buat pak eko mah keren tapi kita suka ga ngerti
Is the best buat bapak
Nb : jangan dicengin mulu kalo dikelas malu hehe
^-^
Kesan saya selama mengikuti kuliah bapak eko probo. Saya senang dan kuliah tidak hanya mengetahui teorinya saja namun mengetahui dan mengerti apa yang dimaksudkan tsb dikarenakan bapak eko probo tegas saya semakin semangat dan mengerti maksudnya, selain itu pula ia peduli terhadap mahasiswanya dan semua pernah ia bombing
Kalau bisa sih bapak banyak menceritakan tentang banyak hal kasus dan masalah di  bandara agar apabila kita disana kita sudah siap mengahadapinya.
Opini tentang pak eko :
-          ngajarnya terlalu focus sama yang bisa, yg ga bisa tetap ga bisa
-          kalau menjelaskan suka ga jelas apalagi kalau hitung2an
-          memberikan nilai kalau menjawab soal jadi memicu mahasiswa utk kritis
-          serius tapi santai
-          bebas, boleh ngapain aja di kelas
-          online, online, online …
LIKE THIS buat pak eko
Sore pak…
Sebelumnya makasih buat semua ilmunya yang udah bapak sampaikan… saya jadi tau tentang ground handling
Tapi maaf pak saya kurang suka dengan cara ngajar bapak yang cepat sekali dan langsung memberikan nilai karena bagi yang bisa pasti sangat mudah tetapi bagi yang tidak bisa makin gondok dan tidak mengerti
Segini dari saya
Thanks
Dear
Pak eko
Pertama kali dapat tugas, sempet kesel and bete abis ribet tapi setelah gabung di milis ternyata itu bermanfaat banget bukan buat saat ini aja tapi juga buat seterusnya
Terima kasih pak  buat semuanya.
Assalamualaikum wr wb
Pak saya mau kasih tau kesan2 saya slama di ajar dgn bpk. Saya terkesan dgn tugas yg bpk kasih, lalu saya juga berterima kasih sama bpk, dgn diberi tugas ini, saya bisa mengenal bnyk kakak2 alumni yg mungkin jika tdk adanya airtrans ini saya tdk bisa mengenal mereka. Tapi kalo saya boleh jujur ya pak, kan bapak pernah bilang tugas bpk bisa buat kami tdk  bisa tidur, tapi itu tdk terjadi o/ saya ko pak hehe
Trus menurut saya bapak itu dosen paling bisa ngeles (tau kan pak maksudnya?) hehe
Makasih ya pak atas semua ilmu yang bapak kasih ke kita
Salam hormat
Mahasiswi STMT
Pak eko, menyeramkan arghhh
Kesan dan pesan
To : pak eko
Enak dapat di kelas bapak Tapi gat au kenapa slalu deg2an aja di dalam kelas…
Keseluruhannya asikk lah….
Tapi kurangi muka kiler bapak hehehe
Sukses pak membuat saya mual setiap ingat tugas mandiri
Tapi saya punya banyak pengalaman baru karenanya
Thx pak eko
Belajarnya nyantai, bikin ga ngantuk & ngasih tugasnya bikin ribet
Maaf ya pak sebelumnya
Thanks
To pak eko
Bapak ngajarnya asik, santai, tapi saya suka ga ngeri apa yang bapak terangin
Trus bapak ngomongnya terlalu terburu-buru
Maaf sebelumnya..
Menurut saya bapak kalo ngajar terlalu tegang, pak eko jg terlalu disiplin jd suka bikin mahasiswa takut. Pak eko jg orangnya susah bwt ditebak pikirannya. Tp bapak baik koq :)
Kesan dan pesan
To : pak eko
Kadang suka buat “tegang” pada saat di dalam kelas !!!
Tapi enaknya ujiannya OPEN BOOK hehehe…
Semangat selalu….
Menurut saya pak eko :
Dalam mengajar enak, jadi dapat memotivasi mahasiswanya, tapi tugasnya ribet ya pak…
To .  pak eko probo
Baik, gaul (satu-satunya dosen yang mengikuti dan hobi motor dengan clubnya). Berfikirnya logika, sampai bingung jawabnya.
Bicara dan masukannya selalu bikin saya jadi termotivasi
Kritiknya :
Awalnya yang saya pikirkan tugasnya repot banget tapi selesai tugas itu saya baru tau maksud dr tugas itu saya jadi kenal alumni2, wawasan jadi luas, omongan & kritik pak eko pedes, tapi masuk ke saya.
Pak eko ntu orangnya c blak2an, tp tujuannya bae bgt, ya doain aja pak biar saya sperti bpk, bisa ngajarin junior/adek kelasnya, sama kayak bpk, menjadi lilin
Tx pak eko
Gbu
Menurut pendapat saya :
  1. pak eko terlalu cepat kalau nerangin
  2. kalau ngasi soal tidak dibahas sampai tuntas
  3. On Time Puol
  4. rajin ngajar
  5. murah nilai tapi saya ga dapat karena saya emang ngga bisa
pendapat saya tentang bapak eko probo
  1. bapak org yg baik memberi semangat & motivasi
  2. tidak pilih kasih
  3. bapak memberi pengalaman di lapangan
bapak is the best teacher
menurut pendapat saya pak eko
  1. meberi masukan yang baik untuk memotivasi kita agar lebih kompak
  2. tapi kalau menerangkan kurang  tuntas
  3. On Time Full
Pendapat saya pak
Tugas mandiri bingung mau wacana apa, inginnya kalau soal langsung selesai pembahasannya
Pendapat saya tentang pak eko
Mengajarnya tidak membosankan tapi neranginnya terkadang terlalu cepat
Asik santai ribet !!!
Pendapat saya tentang pa eko
THE BESTLAH pa
Seru dan ga bikin bosen dikelas
Menurut saya bpk eko probo :
-          kadang2 kalo ngajar agak terlalu cepat karena saya type orang yang agak lambat u/ mengerti pelajaran
-          tetapi metode mengajar yg bapak berikan selalu memberikan motivasi kpd kami agar kami bisa melakukan segala hal
-          tugas mandiri dari milis awalnya menjengkelkan tapi akhirnya membuat kami membaca dan punya pengetahuan ttg transportasi udara karena wacana tersebut
pendapat saya tentang pak eko
  • terus pertahankan sikap yg ramah dan lawakan & lelucon sama mahasiswa selanjutnya
  • saya paling suka jika bapak sedang memberikan motivasi yg berbobot bagi saya
  • tetap jadi dosen yg menyenangkan dan asik bagi mahasiswa
setiap orang punya gaya pertahankan gaya bapak
buat pak eko
kalo menjelaskan/ menerangkan dikelas pelan2 jgn keburu2
kalo menegur jangan jutek2 ^_^
assalamualaikum wr wb
selamat siang pak eko probo !! salam sejehtera
saya suka dengan gaya dan cara bapak mengajar, sangat mengasyikkan, tidak membosankan, serta tidak monoton !
cara mengajarnya begitu fleksibel dan tidak terlalu terpaku pada buku
saran saya sebaiknya mata kuliah ground handling ada kunjungan ke cargo sehingga kita lebih mengerti kondisi lapangan yang real seperti apa. Mungkin dapat berkoordinasi dengan Himpunan Mahasiswa Udara mengenai kunjungan yang saya usulkan tersebut.
Saya berharap kunjungan itu tidak akan sia-sia, selain menambah wawasan, ilmu dan pengalaman, selain itu kita dapat mengerjakan tugas mandiri untuk mata kuliah GROUND HANDLING sebagai nilai tambahan,
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum wr wb
To pak eko
Awalnya takut + segen karena pernah ketemu bapak di seminar HMU 09, bapa bilang : “jangan sampai kalian ketemu saya dikelas GH”
Tapi akhirnya saya dpt pelajaran banyak saya bisa tau cara join milis sampe2 dimilis saya babak belur sama member2nya
Saya suka gaya bapak

terima kasih adik-2ku sayang.... buat saya bangga dengan memberi kesempatan melihat kalian sukses melebihi kakak-2 kelasmu

Best Regards
Eko Probo d' Warpani
mobile : +62 838 92 650 652
E-mail : eko_probo@cgk. gapura.co. id
YM : ekoprobo@yahoo. com
Gtalk & maps : milisxo@gmail. com
FB & Twitter : ekoprobo@gmail. com

Monday, June 15, 2009

KISI KISI UAS GROUND HANDLING

dear siswa kelas ground handling

dibawah ini ada kisi-2 soal UAS ground handling
ujian tutup buku karena tidak ada hitungan yang rumit

jumlah soal = 3

soal no 1 & 2 : baca buku "Ground Handling, Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan" karangan Suharto Abdul Majid dan Eko Probo D Warpani, halaman 15 - 25 dan halaman 68 - 78
(jangan coba-2 fotocopy karena bisa pasal hak cipta)

soal no 3
barchart : menghitung kebutuhan Ground Support Equipment (materi perkuliahan tanggal 13 Juni 2009)

soalnya cukup mudah dan tidak ada kesalahan penulisan ataupun salah soal, hati-2 dalam menjawab, baca soal dengan teliti, jawab pertanyaan yang ada saja jangan kerajinan nulis jawaban yang tidak perlu, jadi tidak perlu bertanya kepada pengawas "pak / ibu koq ini ga ada jawabannya?"
gunakan logika kalian dan berpikir simple saja karena soalnya sangat sederhana

saya tidak bisa datang menemani kalian saat ujian, saya sedang dalam perjalanan pulang touring Jakarta - Denpasar - Jakarta, ingin tau saya ada dimana? pantau terus status FB saya....

sukses untuk kalian semua...... selamat berjuang, selamat belajar, selamat ujian, tolong jangan kecewakan orang tuamu....

Regards
Eko Probo