Sunday, December 21, 2008

Kenapa hari Ibu Tanggal 22 Desember?

Mungkin diantara kita ada yang gak tau apa sih makna hakiki sebuah hari ibu yang kita tau kalo Hari Ibu adalah hari peringatan/ perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebas-tugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Mungkin juga ada yang belum tau klo hari ibu tuh juga dirayakan diseluruh dunia! tapi...tanggalnya beda sama di Indonesia yang jatuh pada tanggal 22 Desember di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura ,Taiwan, dan Hongkong Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Ibu atau Mother’s Day diperingati setiap bulan Maret.

Kenapa di bulan Maret ?

Peringatan Mother’s Day di sebagian negara Eropa mendapat pengaruh dari kebiasaan memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronus, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani Kuno. Maka, di negara-negara tersebut, peringatan Mother’s Day jatuh pada bulan Maret.

Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei karena pada tanggal itu pada tahun 1870 aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara.

Trus di Indonesia kenapa 22 Desember?

Sedikit ngulang pelajaran waktu kita SD, Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Konggres Perempuan yang kini dikenal sebagai Konggers Wanita Indonesia(Kowani).

Nah..itu dia awalnya kenapa di Indonesia hari Ibu di Indonesia jatuh tanggal 22 Desember...

Happy Mother's day...to all mother in Indonesia...we love you mom..

sumber wikipedia

No comments:

Post a Comment