Tuesday, February 2, 2010

Banyak kecelakaan,Rapor Menhub merah

Banyak kecelakaan,Rapor Menhub merah

Insiden pesawat Lion Air pecah ban di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin 21 Desember 2009.Menteri Perhubungan Freddy Numberi harus segera berbenah karena banyak kecelakaan angkutan belakangan ini dan berani mengevaluasi jajarannya di Departemen yang dipimpinnya bahkan mencopot anak buahnya yang terbukti lalai menjalankan fungsi pengawasan. Terjadinya berbagai kecelakaan semestinya menjadi peringatan bagi Menhub untuk memperbaiki kinerjanya. Ini menjadi warning atau peringatan bagi menteri agar cepat menyesuaikan diri dan memahami serta peka terhadap kondisi di bidangnya.
Departemen Perhubungan harus serius melakukan perbaikan, terutama manajemen transportasi karena kecelakaan pesawat merupakan akibat dari serangkaian pelanggaran, Sebagai contoh soal perawatan, batas maksimum terbang, kondisi landasannya dan sebagainya. Di sinilah peran pemerintah untuk mengawasi dan memastikan agar para pelaku penerbangan ini tidak melanggar aturan-aturan itu.
Dalam tiga minggu ini terjadi banyak insiden penerbangan. Selain insiden pecah ban pesawat Lion Air di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin dini hari tadi, sebelumnya, pada 13 Desember lalu, pesawat Batavia Air di Bandara Ngurah Rai mengeluarkan asap. Kemudian Pada 2 Desember lalu, pesawat Merpati mendarat darurat di Kupang, NTT karena ada gangguan pada roda. Kalau diberi nilai, kinerja (Menhub) yang sekarang itu sekitar 5 sampai 5,5, dalam artian rapornya masih merah. Kami tentu sangat menyayangkan hal ini, padahal minat penumpang sedang tinggi karena menjelang Natal dan Tahun Baru.
PT.Angkasa Pura, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam masalah pemeliharaan dan operasional Bandara agar segera dapat memperbaiki kinerjanya.

Menurut saya dalam wacana di atas semua pihak yang terlibat langsung atau tidak langsung kaitannya dalam transportasi udara terutama Dephub harus dapat membenahi semua peraturan2 yang telah di tetapkan dan dapat mengadakan inspeksi sacara menyeluruh dan teratur ke berbagai daerah baik terhadap pesawat dan bandara agar dapat sedikit menanggulangi tingginya tingkat kecelakaan pesawat.

Yang saya ingin tanyakan kepada teman-teman dan kakak-kakak semua bagaimana cara/sikap yang perlu dilakukan oleh Dephub dalam menangani masalah tingginya kecelakaan pesawat tersebut ??

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam wacana dan pendapat saya

Mohon di koreksi ya teman teman dan kakak-kakak semua

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
salamat siang qteen
aku ikutan ngasih pendapat ya di wacana kamu,
menurut aku tingkat kecelakaan pesawat pada saat ini sudah mulai berkurang tetapi tidak bisa kita tampik kalo kecelakaan sering terjadi dalam kapasitas yang tidak besar atau dapat dikatakan sering terjadi insiden" kecil seperti yang ada di wacana kamu.

menurut aku usaha yang harus dilakukan oleh dephub dalam menekan frekuensi kecelakaan penerbangan adalah harus dimulai peka terhadap hal yang paling kecil hingga terbesar,lalu memperbaiki dari segi sumber daya manusianya,teknolog i,serta perbaikkan manajemenya itu merupakan tugas yang paling utama menurut aku,karena jika semuanya sudah terlaksana dengan baik insya allah tingkat kecelakaan dapat diminimalisasikan oleh dephub.

cukup sekian sedikit pendapat dari aku,jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya teman" semuanya..
salam regards
rani ramadhania
ran_chezzy@yahoo.com

Response :
terimakasih rani pendapat nya

aku setuju dengan pendapat kamu
memang semua harus di mulai dari yang paling kecil dulu agar semua masalah dapat di tangani. aku mau tanya lagi ya rani, menurut kamu bagaimana supaya citra Menhub dalam hal ini dapat membaik?? karena secara langsung dengan adanya tingkat kecelakaan yang tinggi Menhub lah yang bertanggung jawab atas itu selain dari maskapai penerbangan itu sendiri

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
met siang,tin mau kasi komentar juga ni,mgnai wcna christine.
menurut saya dephub tetap terus mmperhtikan kondisi pesawat yang akan dioperasikan, terutama pengecekan ko ndisi pswat sbl um terbang.khususnya mslah ban pswt,sring skali kita dn gar kclkaan y g di ak ibtkan krn ban pswt,

mhn maaf bla ada salah ya tin
salam : stevie
stevieadhi@yahoo.com

Response :
buat qteen iya sama" sayang

aku coba jawab pertanyaan kamu ya,kalo menurut aku supaya citra dephub menjadi baik,dephub harus membangun kinerja dephub dari nol memperbaiki dan mengevaluasi semua rencana" kinerja yang sudah disusun sebelumnya ke arah yang lebih baik.rencana" yang harus dievaluasi yaitu rencana" dephub dalam jangka pendek dan jangka panjang.
mohon nmaap jika ada salah,mohon dikoreksi ya teman" semuanya

salam regards
rani ramadhania
ran_chezzy@yahoo.com

Rsponse :
selamat siang christine
aku mau ikut coba comen wacana kamu

aku setuju dengan pendapat rani, memang sekarang tingkat kecelakaan pesawat sudah berangsur-angsur menurun.menurut aku setiap jajaran pemerintah dan dephub harus ikut serta dalam menangani masalah tersebut. Seperti yang ada dalam wacana kamu, harus diselenggarakan inspeksi ke seluruh bandar udara serta pesawat-pesawat yang di gunakan baik pemeriksaan ban dan lain sebagainya.Sehingga semuanya terkontrol dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan tersebut

sekian pendapat aku
mohon maaf apabila ada kesalahan

Ratna Yuniar
ratna.yuniar89@yahoo.com

Response :
ehmm...

terimakasih ya buran sudah mau comen dan jawab pertanyaan ku
aku setuju sama kamu, semua harus direncanakan, dievaluasi dan dikaji sedemikian rupa sehingga setiap masalah yang akan dan sudah datang dapat di selesaikan

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
terikasih stevi komennya

aku mau tanya lagi ya
apa semua itu tanggung jawab Menhub???
bagaimana peran airlines dalam masalah ini??

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
siang juga christine,
aku ikut berpendapat ya di wacana kamu,

aku setuju sama yang dikatakan Rani,bahwa tingkat kecelakaan saat ini jumlahnya sudah menurun dari tahun-tahun sebelumnya.
kalau menurut cndy,Departemen perhubungan mengupayakan kepada perusahaan penerbangan berjadwal Indonesia untuk meningkatan tingkat keselamatan penerbangan nasional.Baik dari segi teknis maupun operasionalnya, dengan selalu merawat pesawat mulai dari badan pesawat,mesin, dan semua bagian-bagian terpenting pesawat serta tidak menggunakan pesawat di luar batas penggunaan.

sekian pendapat dari cndy,
kurang lebihnya mohon maaf ya teen,

salam
chindy febriningtyas
che_ndhyy@yahoo.com

Response :
iya tin,kecelakaan yang terjadi terutama masalah ban pesawat dll, sudah seharusnya jadi tanggung jawab pihak terli bat,baik pmrintah dan perusahaan pnerbangan.dephub dalam hal ini sbg regulator,tanggung jwabnya mmberi arahan mngnai peraturan pngecekan kondisi pesawat,melalui KNKTnya berhak mlakukan pn gwasan.
adangkan pihak airlines ya sudah sepatutnya mematuhi standar kslamatan,pngckan kondisi pswt dll,jika ada yang dilanggar,san ksi larangan terbang bagi pi hak airlines hrus diberlakukan.

^^V

salam:stevie
stevieadhi@yahoo.com

Response :
terimakasi stevi pendapatnya

aku setuju pendapatnya, semua pihak yang terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung harus bisa saling membantu baik dari Dephub,KNKT maupun pihak airlines itu sendiri
Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
terimakasi cindy pendapatnya
hoho
^_^
Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
rida mau ngasih opini ya tin..

aku fikir, yang harus dibenahkan bukan hanya dari pihak dephub atau pemerintahan saja, namun harus ditatar dari pihak yang paling bawah alias pihak yang terjun langsung dan berkenaan secara langsung dengan pesawat. baik dari pilot, mekanik dan bagian2 lainnya. pihak maskapai harus memperketat pengawasan mulai dari bagian2 terkecil seperti itu, menurut aku pun dephub harus berbenah dan merombak program yang harus dikerjakan untuk memperbaiki atau mencegah hal2 seperti itu terjadi kembali, seperti memperketat perijinan laik udara pada pesawat dsb..

bila ada kesalahan mohon koreksinya ya kawan2..

Rida Novelia
rie_da2@yahoo.co.id

Response :
terimakasi rida opininya

ia aku setuju memang semua bagian yang terlibat langsung di lapangan j(mekanik) juga harus dibenahi sehingga kondisi fisik dari pesawat itu sendiri dapat diantisipasi apabila terjadi keganjalan. Pilot-pilot nya juga harus handal yaa dalam arti harus dapat menguasai pesawat. aku juga mau tanya ya rida tapi terkadang juga sudah di cek semua pesawatnya masih ada juga terjadi ban pecah dan kejadian-kejadian lainnya, dan dari masalah seperti itu seringkali juga Dephub di sangkut pautkan padahal sudah ada petugasnya secara langsung yang mengecek keadaan pesawat. menurut rida gmn???

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
aku mau coba ngasih opini yaa qteen...
kalo menurut aku,,
sebaiknya dephub harus lebih sering lagi melakukan sidak ditempat terhadap maskapai2 penerbangan. .
pesawat engga bisa terbang kalau ada masalah sedikit aja...
karena membahayakan para penumpang dan crew nya..
selain itu dephub juga sebaiknya melakukan studi kelayakan terhadap maskapai2 penerbangan secara rutin...

maaf yaa kalo ada salah2 kata atau kekurangan..

salam ceria selalu
Aria Nindita
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
Terimakasih fita opininya
ada yang mau aku tanyain lagi ni fita,
Sanksi seperti apa yang dapat diberikan kepada maskapai penerbangan apabila mereka melanggar peraturan itu??

Salam
Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
menurut aku ya tin..

dephub hanya yang memberikan kebijaksanaan dan peraturan dalam penerbangan. .
jika ada kecelakaan seperti yang kamu bilang tadi, orang2 yang pertama kali harus diperiksa oleh KNKT adalah para pelaku langsung pemegang pesawat sebelum pesawat lepas landas. baik itu mekanik maupun dari staffgrounhandlingn ya..
dephub harus sering2 mengadakan pemeriksaan terhadap hal2 kecil seperti itu..

mohon koreksinya ya tin bila ada kesalahan..
Rida Novelia
rie_da2@yahoo.co.id

Response :
selamat malam lg christine,.: )
contoh sanksi yang diterima oleh maskapai penerbangan misalnya adalah jika maskapai itu mengajukan tambahan frekuensi dan rute baru serta tambahan pesawat tak akan dikabulkan dan sanksi yang sangat berat adalah dicabutnya izin terbang, seperti kasus adam air.

demikian christine contoh sanksinya christine
apabila ada kesalahan mohon untuk diperbaiki
salam,
fita
fita_archers@yahoo.com

Response :
oke
makasi ya rida jawabannya
memang yang pertama harus di periksa adalah orang orang yang terkait langsung di lapangan terutama pada saat pesawat ingin lepas landas.

terimakasi ya rida

^_^

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
malam juga fita
terimakasih yaa sudah mau jawab pertannyaan ku
^_^

Christine
whiteflowz@yahoo.com

Response :
malamm semuanya..
aku jg mau ikutan berpendapat yaa qteen..

Di Indonesia sering banget terjadi kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh masalah regulasi yang sangat longgar dari pemerintah untuk sektor penerbangan, persoalan teknis dari segi kehandalan pesawat hingga kemampuan pilot.Tetapi akan lebih baik lagi jika pihak Departemen Perhubungan juga melakukan audit keselamatan terhadap bandara-bandara di Indonesia. sekedar info aj nih teman2, statistik kecelakaan penerbangan memperlihatkan bahwa lebih dari separuh kecelakaan pesawat terjadi pada saat take off dan mendarat.

semoga tingkat keselamatan pnerbangan di indonesia bisa lbih dtingkatkan lg oleh pihak2 terkait.

mhon koreksinyaa ya apabila ada kesalahan

regards
dessya
desyarachma@yahoo.com

Response :
dear qeteen,,

nia setuju dengan pendapat dari Desya dan rida tentang cara dari dephub untuk mengatasi tingginya kecelakaan pesawat. dan nia mau ngasih tau tentang kenapa kecelakaan pesawat itu terjadi secara teori dan bisa dilihat di website

http://hardiananto. wordpress. com/2008/ 07/30/kondisi- material- sebagai-penyebab -kecelakaan- pesawat-2/

demikian pendapat dari nia...
mohon maaf jika ada salah dalam berpendapat dan kata-katanye ye...


Salam Hormat,
Roesadania
ZZU'07
ocha_ndhut@yahoo.co.id

Response :
Tika ikutan beropini ya christeen..

menurut tika, kepada pemerintah khususnya Menhub beserta jajarannya, seluruh kejadian musibah dalam dunia penerbangan hendaknya menjadi koreksi sebab musibah tersebut tdk semata2 krn faktor alam,namun sbagian bsar jg akibat kelalaian manusia.. diperlukan keseriusan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan scara tuntas,krn tanpa penyelidikan tuntas dan rekomendasi dari kesimpulan penyelidikan, kecelakaan serupa pasti akan terus terulang.
Peningkatan regulasi yg saat ini masih terlihat lemah jg penting untk dilakukan,dg kata lain kecerdasan menciptakan aturan2 beserta pemberian sangsinya hrs diiringi komitmen untuk melaksanakannya, seperti pelaksanaan pemberian sangsi larangan terbang bg maskapai yg lalai dg jaminan keselamatan penumpang.
bila seluruh pihak terkait dlm dunia penerbangan bisa instrospeksi dan koreksi secara internal dan eksternal,maka akan dpt meminimalisasi kcelakaan penerbangan di indonesia.

skian opini dr sy,
mohon dkoreksi apabila ada ksalahan

salam
Kartika
bhibellzt@yahoo.com

No comments:

Post a Comment