Thursday, February 4, 2010

Gara-gara Madu, Bandara di AS Sempat Ditutup

Gara-gara Madu, Bandara di AS Sempat Ditutup

Assalamualaikum kakak-kakak dan teman-teman semuanya.

Pihak keamanan di suatu bandar udara di Amerika Serikat dihebohkan oleh penemuan "suatu benda misterius" di dalam tas milik seorang calon penumpang sehingga rutinitas di bandara dihentikan sejenak. Setelah diperiksa, barang mencurigakan itu ternyata botol berisi madu.

Peristiwa itu berlangsung di bandar udara Meadows Field di kota Bakersfield, negara bagian California, Selasa pagi waktu setempat (Selasa tengah malam WIB).

Botol berisi cairan yang tampak kental itu, bagi petugas keamanan bandara, tampak tidak biasa sehingga tim penjinak bom dikerahkan untuk memeriksa benda itu. Mereka tidak mau ambil risiko dengan adanya benda yang berpotensi menjadi bahan peledak dan berbahaya bagi keselamatan penumpang di dalam pesawat.

Namun, kehebohan yang ditimbulkan petugas keamanan itu membuat 15 jadwal penerbangan ditunda - yaitu lima penerbangan komersil dan 10 penerbangan pesawat pribadi. Bahkan, jadwal pendaratan satu pesawat komersil, Skywest, yang terbang dari San Fransisco, terpaksa dialihkan ke bandar udara internasional LAX di Los Angeles.

Dari wacana tersebut dikatakan bahwa akibat tindakan pihak keamanan setempat mengakibatkan 15 jadwal penerbangan ditunda dan Bandara ditutup untuk sementara. Menurut pendapat saya seharusnya pihak keamanan bandara setempat apabila mecurigai benda misterius harus bekerja sama dengan pemilik barang agar tidak terjadi penundaan penerbangan dan penutupan sementara bandara tersebut. Tindakan phak keamanan memang sudah sesuai standard operational procedure yang berlaku namun ada baiknya jika dilakukan proses kerja sama dengan si pemilik barang lebih dahulu. Situasi yang tak biasa kerap terjadi di semua bandara di AS sejak upaya sabotase pesawat Northwest Airlines oleh seorang penumpang asal Nigeria pada 25 Desember 2009.

Menurut pendapat teman-teman dan kakak-kakak
1). Apakah tindakan pihak keamanan tersebut benar walaupun berakibat pada penundaan jadwal keberangkatan dan penutupan bandara sementara (jelaskan alasannya) ??
2). Tolong berikan penilaian kinerja pihak keamanan bandara di Indonesia (jelaskan alasannya) !!

Terima kasih
Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
berarti gara2 hanny yaaaaa .. hanny jg madu tp madu sunda ....
ngaburrrrrrrrrrrrrr rrrrrrrrrrrrrrrr rr

Ferry Sinurat
sinuratprogressive@yahoo.com

Response :
assalamualaikum

selamat pagi
buat ebe

aku mau ikutan kasih pendapat aku ya di wacana kamu..

jawaban 1 :
kalo menurut aku tindakan yang dilakukan oleh pihak keamanan sudah benar,alesannya karena itu sudah merupakan kewajiban dari setiap pihak keamanan untuk waspada terhadap setiap barang yang di curigai oleh pihak keamanan.

mengenai akibat dari pemeriksaan tersebut yang menyebabkan tertundanya 15 jadwal penerbangan, kalo menurut aku pihak bandara tersebut tidak mau mengambil risiko terhadap barang yang dicurigai tersebut,mungkin pihak bandara tersebut mengatisipasi jika terjadi hal" yang tidak di inginkan oleh karena itu penerbangan tersebut menjadi terganggu.

jawaban 2 :
ini aku ada artikel mengenai pertanyaan kamu yang kedua dicek ya....

Hasil Penilaian Kinerja Bandar Udara

Dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan serta pelayanan publik di bandar udara sesuai dengan regulasi , ketentuan atau standar nasional dan internasional yang berlaku, serta sebagai tindak lanjut road map to safety and security Ditjen Perhubungan Udara, telah dilakukan audit kinerja bandar udara.

Audit kinerja bandar udara, meliputi aspek keselamatan dan keamanan penerbangan di bandar udara serta pelayanan publik di Bandar udara, dilakukan dengan melaksanakan audit terhadap bandara yang beroperasi untuk memeriksa pemenuhan regulasi, ketentuan atau standar nasional dan internasional yang berlaku tersebut. Masing-masing aspek meliputi prosedur, peralatan/ fasilitas dan personil.

Audit Kinerja Bandara dilakukan secara bertahap, untuk tahap pertama ini, audit dilakukan terhadap bandara yang diusahakan dimana terdapat Kantor Administrator Bandara, yaitu:

Bandara Soekarno Hatta, Jakarta;
Bandara Ngurah Rai, Bali;
Bandara Hasanuddin, Makassar;
Bandara Juanda, Surabaya;
Bandara Polonia, Medan.

Audit dilaksanakan oleh Tim Audit Kinerja Bandar Udara dari tanggal 3 sampai dengan 18 Mei 2007 secara paralel dan masing-masing memerlukan waktu satu minggu. Tim Audit adalah tim dari Ditjen Perhubungan Udara (Direktorat Keselamatan Penerbangan, Direktorat Teknik Bandara, Direktorat Fasilitas Elektronika dan Listrik Penerbangan serta Direktorat Angkutan Udara) didampingi Tim dari masing-masing Kantor Administrator Bandara.

Kriteria audit bandara sebagai berikut:

Compliance (memenuhi);
yaitu obyek audit telah sesuai dengan regulasi, ketentuan atau standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta kenyamanan pengguna jasa bandara, namun kinerja dimaksud harus tetap dipertahankan;
Memenuhi dengan catatan, yaitu obyek audit telah sesuai dengan regulasi, ketentuan atau standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta kenyamanan pengguna jasa bandara, namun masih disyaratkan untuk melaksanakan rekomendasi Tim Pemeriksa Kinerja.

Non compliance (Tidak Memenuhi),
yaitu obyek audit tidak memenuhi regulasi ketentuan atau standar nasional maupun internasional yang berlaku.
Rekapitulasi hasil dan status audit kinerja bandara adalah sebagai berikut:

Jumlah parameter yang diaudit berjumlah sebanyak 94 buah terdiri dari aspek Keselamatan 48 buah, keamanan 13 buah dan pelayanan 33 buah;
Dari 94 buah parameter tersebut maka masing-masing Bandara posisinya sebagai berikut:

BANDARA                          M & MC                  TM
Ngurah Rai, Bali                    84(89%)                10(11%)
Soekarno – Hatta, Jakarta     82(87%)                 12(13%)
Juanda, Surabaya                   73(78%)                 21(22%)
Polonia, Medan                      70(74%)                 24(26%)
Hasanuddin, Makassar           64(68%)                 30(32%)

Catatan :
M     : Memenuhi
MC  : Memenuhi dengan catatan
TM   : Tidak Memenuhi
Adapun Peringkat untuk Aspek Keselamatan (Safety) sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai – Bali
Bandara Soekano-Hatta – Jakarta
Bandara Hasanuddin – Makasar
Bandara Juanda – Surabaya
Bandara Polonia – Medan

Adapun Peringkat untuk Aspek Keamanan (Security) sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai – Bali
Bandara Soekarno-Hatta Jakarta
Bandara Polonia – Medan
Bandara Juanda – Surabaya
Bandara Hasanuddin – Makasar

Dan peringkat untuk Aspek Pelayanan (Services) adalah sebagai berikut:

Bandara Juanda – Surabaya
Bandara Soekarno-Hatta Jakarta
Bandara Ngurah Rai – Bali
Bandara Polonia – Medan
Bandara Hasanuddin – Makasar

Dan secara keseluruhan dari 94 buah parameter yang dinilai (aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan), maka dapat disimpulkan ranking bandara sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai – Bali
Bandara Soekarno-Hatta Jakarta
Bandara Juanda – Surabaya
Bandara Polonia – Medan
Bandara Hasanuddin – Makasar

Tindak lanjut hasil audit kinerja bandar udara terdiri dari:

Obyek audit yang berstatus Memenuhi dengan Catatan dan Tidak Memenuhi harus dilakukan pemenuhan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan.

Down graded operasional bandar udara bilamana non compliances untuk aspek keselamatan tidak dapat dipenuhi pada jangka waktu yang ditentukan.

Penyesuaian pungutan Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) bilamana non compliance untuk aspek pelayanan tidak dapat dipenuhi dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Rekomendasi restrukturisasi manajemen penyelenggara bandara secara bertingkat, bilamana ditemukan manajemen tidak memberikan perhatian yang memadai terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan terminal Bandar udara.

Sumber : dephub

best regards
rani ramadhania
ran_chezzy@yahoo.com

Response :
assalamulaikum ebe,

aku mau coba kasih pendapat buat wacana kamu,

sebenarnya tindakan yang dilakukan petugas keamanan bisa dikatakan benar karna semua itu menyangkut kselamatan orang - orang yang ada di bandara. tetapi tidak harus mengorbankan penundaan maskapai penerbangan15 jadwal penerbangan ditunda . sebaiknya petugas keamanan bandara juga harus memperhatikan kepentingan para penumpang pesawat.

demikian pendapat aku. mohon maaf bila ada kesalahan.

nurma
zz 07
papuakenie@yahoo.com

Response :
assalamu'alaikum, ,ebe...
nia mau berpendapat ya..

hhahaha... pertanyaan lw dah kayak ujian aja nich.. hehhehe..
menurut nia, pihak keamanan tersebut bertindak benar tapi tidak seharusnya menunda jadwal keberangkatan atau mengalihkan pesawat yang ingin mendarat di bandara tersebut kan?? nia bilang benar dengan alasan pihak keamanan tersebut melakukan tugas atau kewajibannya. . dan mengantisipasi ancaman teror

dan tuk penilaian keamanan di bandara Indonesia seharusnya lebih ditingkatkan lagi,, dengan cara petugas keamanan bandara mengulang prosedur pemeriksaan keamanan atas para calon penumpang. Mereka lalu harus menjalani pemeriksaan kembali di ruang yang berbeda untuk memastikan bahwa mereka benar-benar telah digeledah.

demikian pendapat dari nia,,be..
maaf ya kalau ada kesalahan...

Salam Hormat,
Roesadania
ZZU'07
hp : 085715648815
email dan ym : Ocha_ndhut@yahoo. co.id
facebook : ocha_ndhut@yahoo. co.id
twitter : niandhutniez

Response :
Selamat pagi Rani

Terima kasih atas pendapat dan artikelnya. Pada prinsipnya saya sependapat dengan pendapat Rani walaupun dalam hal ini terjadi penundaan 15 jadwal penerbangan. Mungkin kalau di Indonesia penumpang yang mengalami penundaan akan marah-marah dan menilai si Airlines mempunyai kinerja yang kurang baik. Setelah saya mencari lagi artikel tentang wacana saya ternyata karena kasus tersebut petugas keamanan dibawa ke Rumah sakit. Tidak tahu alasannya apa.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah. Terima kasih.

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
stevie mau ksi komentar be
tindakan pihak keamanan tersebut benar walaupun berakibat pada penundaan jadwal keberangkatan dan penutupan bandara sementara, karena menyangkut keselamatan lah yg lebih penting dari pada aktivitas di bandara nanti tak bisa beroperasi lagi. ini merupakan tindakan cepat tanggap yang tepat dilakukan, jika peristiwa ini terjadi di sejumlah negara lain, termasuk indonesia saya rasa juga akan dilakukan tindakan serupa.
penilaian kinerja pihak keamanan bandara di Indonesia, menurut saya sejauh ini kinerja pengamanannya normal-normal saja sesuai prosedur yg dilakukan seperti biasanya,kayak pmriksaan pnumpang/pngunjung( yang dicurigai),brang2, pmriksaan detektor dll.

salam:stevie
stevieadhi@yahoo.com

Response :
waalaikum salam

Terima kasih Nurma atas pendapatnya. Saya sependapat sama dengan Nurma.

Harusnya dari awal petugas dari awal bekerja sama dengan pemilik barang untuk melakukan pemeriksaan. Tindakan petugas tersebut memang sudah benar walaupun terlihat berlebihan sampai menutup bandara dan menunda 15 jadwal penerbangan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima Kasih

Name : Said fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
waalaikum salam Nia

Terima kasih atas pendapatnya. Saya sepandapat dengan Nia. Memang apa yang dilakukan pihak keamanan bandara sudah benar walaupun apabila di baca secara singkat wacana ini terlihat agak berlebihan. Saya mencari informasi lagi tentang wacana saya dan ternyata setelah peristiwa tersebut petugas pemeriksa keamana bandara di bawa ke Rumah sakit karena dia bilang mencium bau sesuatu yang mencurigakan dan ternyata itu hanyalah sebuah madu.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
Terima kasih stevi atas pendapatnya

Memang benar, keamanan dan keselamatan penumpang harus diutamakan. Namun dari artikel yang saya dapat dari wacana ini, petugas pemeriksa keamanan tersebut masuk rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan setelah kejadian ini. Sampai saat ini saya tidak tahu apakah petugas tersebut salah di mata hukum AS. Tetapi saya sependapat dengan anda bahwa tindakan petugas itu sudah benar, apalagi di AS keamanan dan pemeriksaan penerbangan diperketat setelah peristia 11 September.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
Pagi semuanya..
Assalamuallaikum Ebe,
cndy ikut berpendapat ya,
Tindakan yang dilakukan oleh pihak keamanan dibandara itu benar,karena tujuan mereka adalah untuk menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang,serta mereka tidak mau mengambil resiko besar apabila hal itu dapat berakibat fatal (padahal hanya madu yaa Be..hehhe).
Cuma dengan terjadinya hal ini, malahan menimbulkan kehebohan,sehingga terjadi penundaan 15 jadwal keberangkatan dan penutupan bandara sementara.
penilaian kinerja pihak keamanan bandara di Indonesia?
menurut cndy,harus terus ditingkatkan lagi, karena demi keamananan serta kenyamanan di bandara.
mengingat bahwa Bandara merupakan akses utama (fasilitas) dimana tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat.
sekian pendapat dari cndy,
kurang lebihnya maaf dan dikoreksi ya Be.

salam
chindy febriningtyas
email:che_ndhyy@ yahoo.com
fb:chindy nauri
Response :
wa'alaikum salam be..

mau coba kasih sedikit opini..

menurut aku tindakan pihak keamanan itu wajar2 aja..karena mereka menjalan kan tugas sesuai aturan yang telah ditetapkan..

lebih baik menunda dan mengalihkan pesawat dari pada harus ada korban jika memang benar hal yang mencurigakan itu membahayakan. .

tapi ngebayangin rasanya jadi penumpang yang bawa madu itu,,pasti takut bangets cuma gara2 madu, bikin satu bandara heboh.hehe..

mengenai kinerja pihak keamanan bandara di Indonesia..

masih sangat perlu di tingkatkan.. hal2 yang kecil aja bisa lolos di bandara indonesia..seperti penumpang yang membeli tiket pada calo,,mereka bisa lolos..padahal nama yg tertera di tiket berbeda dengan nama penumpangnya. .berarti teroris mudah untuk keluar masuk bandara..apalagi bahan peledak..

Salam Ceria Selalu
Aria Nindita ZU07
ayaa_zone@yahoo.com

Response :
selamat siang ebe...

kalau menurut saya, pihak bandara menyelidiki barang tersebut dan bekerjasama dengan pemilik cukup mengintrogasi pemiliknya untuk mengetahui sebenarnya apa isi yang sebenarnya, tidak perlu sampai harus menunda penerbangan lebih.

sekian pendapat dari saya mohon maaf bila ada kesalahan kata
Merry
wulandari.mery@yahoo.com
Response :
Waalaikum salam Cindy

Terima kasih atas pendapatnya. Saya sependapat dengan cindy tindakan petugas keamanan tersebut sudah benar walaupun terjadi kehebohan sampai menutup bandara dan menunda 15 jadwal penerbangan. Saya mendapat berita bahwa setelah masalah ini petugas tersebut dilakukan pemeriksaan di Rumah sakit. Terima kasih juga atas penilainya tentang petugas di bandara Indonesia.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
Iya Be,sama-sama. .
makasih juga ya buat tambahan infonya.

salam
chindy febriningtyas
email:che_ndhyy@ yahoo.com
fb:chindy nauri

Response :
Terima kasih Aria atas pendapatnya.

Kalau dilihat wacana ini secara sekilas tanpa dipelajari terlebih dahulu memang sangat "heboh" hanya karena sebotol madu saja harus menutup bandara dan menunda 15 jadwal penerbangan. Saya mendapat berita bahwa setelh peristiwa ini petugas tersebut masuk ke Rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan, entah untuk apa pemeriksaan itu. Mengenai petugas pemeriksaan bandara di Indonesia saya sepemdapat dengan Aria. Memang pemeriksaan di bandara Indonesia belum maksimal. DI berita-berita tv atau media cetak sering di beritakan bahwa bandara "X" berhasil menggagalkan penyelundupan handphone, narkoba dan lain sebagainya, namun saya yakin bahwa sebenarnya masih banyak penyelundupan yang lolos.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
Terima kasih Mery atas pendapatnya.

Sesuai dengan pendapat saya diwacana saya, memang seharusnya pihak petugas melakukan kerja sama lebih dahulu dengan pemilik barang pada saat barang itu dicurigai sehingga tidak perlu menimbulkan kehebohan karena mungkin akan mengganggu jadwal penerbangan maskapai lain walaupun tindakan petugas tersebut benar.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe
ebe_capaldi@yahoo.com

Response :
Assalamualaikum semua,,
buat ebe,
aku mau sedikit beropini yaa.
Tindakan yang dilakukan oleh pihak keamanan bandara AS tersebut bisa dikatakan benar, karena untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. namun prosesnya yang berlarut hingga menyebabkan 15 jadwal keberangkatan tertunda tentu sangat disesalkan, karena selain merugikan calon penumpang, juga merugikan pihak bandara sendiri.
Kalo menurut aku, kinerja petugas keamanan Indonesia masih perlu adanya peningkatan untuk memaksimalkan kinerja di bandara di Indonesia itu sendiri dan juga untuk menghindari segala macam bentuk kejahatan, contohnya banyaknya barang-barang ilegal yang berhasil masuk ke bandara kemudian diselundupkan baik ke dalam ataupun ke luar negeri.
sekian pendapat dari aku.
mhn koreksinya jika ada kslhn

regards
dessya
desyarachma@yahoo.com

Response :
Assalammualaikum

aku mau menanggapi wacana dari Said

menurut aku tindakan pihak keamanan bandara benar karena lebih baik menunda jadwal penerbangan daripada membiarkan hal negatif terjadi pada saat penerbangan, keamanan tersebut sangat bagus dan sangat ketat, daripada keamanan Bandara soekarno hatta yang kurang peduli dan sangat ceroboh sekali memeriksa bagasi penumpangnya bahkan yang saya pernah dengar bisa membawa barang-barang yang dilarang dengan bantuan dari oknum-oknum bandara karena mereka kenal oknum bandara tersebut.

maaf jika ada pernyataan yang salah

Regards
Ratna Yuniar
ratna.yuniar89@yahoo.com

Response :
assalammu alaikum wr.wb
menangapi dari wacana sodara said fadli

menurut saya pihak dari keamanan bandara tersebut kurang mengetahui bahan- bahan yang dapat d gunakan untuk merakit sebuah bom, karena bahwa kita ketahui madu itu adalah cairan yang sangat kental..dan dalam pemeriksaan di ketahui botol madu tersebut mengandung apa saja..dan mereka terlalu mempermasahkan atau mengidentifikasi hal buruk terhadap benda asing.
terimakasih
wassalam mu'alaikum


sutanti nur kholifah
mtu 07
ifa_imoet85@ Yahoo.com

Response :
Assalamuallaikum capaldi.

mengenai wacana tersebut,
tindakan yang diambil oleh pihak keamanan di bandar udara Meadows Field tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya. karena para petugas keamanan tersebut hanya menangani berdasarkan standard operational prosedure yang ada, yang memang terkadang menuntut untuk bertindak cepat dan mengorbankan segala risiko yang akan terjadi.

namun dalam kondisi ini saya memberi apresiasi lebih terhadap kecepatan tindakan yang diambil oleh pihak keamanan di bandar udara Meadows Field tersebut, yang wajib menjadi contoh. terlepas tindakan tersebut benar atau tidaknya.

untuk pertanyaan dari capaldi.
1.)saya hanya bisa memberi saran, sebaiknya memang para petugas berkoordinasi atau bertanya kepada si pembawa barang. sebelum mengambil tindakan yang kelihatannya terlalu tergesa-gesa.
2.)untuk para pihak keamanan di Indonesia yang menurut saya sudah bekerja dan memberi andil cukup baik dalam hal mejaga keamanan bandar udara di Indonesia. hanya perlu mencontoh kesiagaan dari para petugas keamanan di bandar udara Meadows Field.. yang secara cepat tapi jangan sampai bertindak tergesa-gesa dan cenderung gegabah.
"hidup para petugas Indonesia... .."
demikian komentar saya, terima kasih.

salam
Bayu Prayogo
bayu_dprayogo@yahoo.com

Response :
assalamualaikum. .

saya ingin menanggapi wacana ebe..
kalo menurut saya tindakan yang diambil petugas bandara sudah tepat. sangat jelas mereka sangat tidak ingin 'kecolongan' akan hal2 yg tidak diinginkan. mungkin menurut kita itu menjadi sangat berlebihan jika barang yang dicurigai itu memang hanya sebuah barang biasa, tapi saya melihat bahwa petugas bandara AS memang sangat sigap dan mereka selalu memikirkan kemungkinan terburuknya, tidak ada toleransi untuk hal2 yang kita anggap biasa.

kinerja petugas di Indonesia tdk bisa dikatakan buruk.. tapi jika melihat petugas AS yg sangat protektif, petugas di Indonesia sepertinya lebih longgar keamanannya. mungkin petugas bandara kita lebih mengutamakan kenyamanan dan pelayanan sbg no.1 sedangkan petugas AS yang teramat penting adalah keamanan dan keselamatan, soal kenyamanan pelayanan bukan prioritas mengingat banyaknnya teroris yang mengintai negara itu.

slm hangat, vini sulfiyani
vinipinut@yahoo.com

Response :
Hai..Ebe,,
Aku mau kasi pendapat nih tantang hal ini

Kalo menurut aku apa yang telah dilaksanakan oleh para petugas keamanan diBandara tersebut si sudah benar. Tetapi caranya aja yang sangat berlebihan. Seharusnya mereka harus dapat bertindak lebih hati-hati lagi. Karena kejadian seperti penutupan Bandara dan penundaan atau pengalihan penerbangan dapat merugikan orang banyak.

Segitu aja pendapat dari aku,,
maaf kalo ada pernyataan yang kurang benar..^^

Salam ceria,
OBUNG
obungamawar@yahoo.com

No comments:

Post a Comment