Tuesday, February 2, 2010

Pemisahan ATS dari ANGKASA PURA akan timbulkan masalah baru

Pemisahan ATS dari Angkasa Pura Akan Timbulkan Masalah Baru [Ekonomi dan Keuangan]

Komisi V dan VI DPR RI kurang sepaham soal rencana Menteri Perhubungan Hatta Rajasa memisahkan pengelolaan operasional Air Traffic Service (ATS) dari PT Angkasa Pura (PT AP). Karena, pemisahan itu dapat dipastikan akan menimbulkan masalah baru.

Komisi VI DPR RI berpendapat pemisahan itu secara siginifikan akan berpengaruh pada kinerja finansial dan operasional kedua BUMN (AP I dan II). Atas dasar itu, Komisi VI DPR mendesak pemerintah mengkaji ulang rencana pemisahan tersebut. Selain kurang efektif, juga dapat menimhulkan biaya tinggi.

Komisi V DPR berpendapat bahwa pemisahan itu bertujuan untuk lebih mengefektifkan operasional pengaturan lalulintas udara sesuai alasan Departemen Perhubungan (Dephub), tapi oleh Komisi VI DPR hal itu mengada-ngada. Karena, dulu ATS itu dikelola Dephub dan ternyata tidak efektif, sehingga diserahkan kepada Angkasa Pura.

Ketua Komisi VI DPR, Didi J.Rachbini, di Jakarta, mengatakan sesuai kesimpulan akhir rapat dengar pendapat (RDP) seluruh anggota di komisi itu sepakat agar ATS tetap dipertahankan pengelolaannya oleh PT AP I dan II, karena yang sekarang ini sudah berjalan baik.

Kalau menurut saya, saya kurang setuju jika ATS dipisah dari AP I dan AP II, Selama ini ATS dikelola oleh tiga operator yakni UPT Bandar Udara (Dephub), AP I, dan AP II. karena selama ini berjalan baik dan yang lebih terpenting yang harus dipikirkan yaitu upaya-upaya bagaimana melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap organisasi regulator melalui perbaikan sumber daya yang sudah ada, Pemisahan ini juga dapat menimbulkan permasalahan ekonomi yang berat karena dana yang diperoleh oleh AP sebagai pengelola ATS harus diinvestasikan untuk keselamatan. Bukan untuk kepentingan profit dan pembentukkan lembaga baru dalam ATS sangat tidak efisien dalam operasional maupun financial.

Bagaimana menurut kakak-kakak dan teman-teman Airtrans tentang masalah pemisahan ATS ini ? Apa dampak positif dan negatifnya dan Upaya apa yang harus dilakukan Pemerintah ?

Terima kasih, maaf jika ada kata yang salah.

Best Regards
Ratna Yuniar ZU07
ratna.yuniar89@yahoo.com

Response :
Assalamualaikum,

aku mau ksh pndpat tntang wacana kamu y naa,

Terjadinya pemisahan ats dari AP I dan II harus dilakukan secara bertahap sekitar 3 atau 5 tahun untuk menyesuaikan dengan pengelola yang baru. Kemudian selama dalam tahapan tersebut harus jelas tentang pemisahan SDM-nya (sumber daya manusia), fasilitas pendukung, perubahan sistem, dan prosedur keselamatan penerbangan serta yang terpenting harus ada komitmen investasi.

sekian dari aku yaa
dessya

Response :
Desya, terima kasih pendapatnya..

yang aku tangkap dari pendapat kamu, usaha pemerintahny denganadanya kejelasan SDM, fasilitas pendukung, perubahan sistem, prosedur keselamatan penerbangan dan komitmen investasi, di lain hal aku juga ingin tanyakan jika nantinya terjadi pemisahan, pasti ada dampak negatif dan positifnya bagi ATS, AP I dan AP II, menurut pendapat kamu dampak-dampaknya seperti apa desya dari SDM itu sendiri ?
terima kasih.

Regards
Ratna

Response :
kalo dari segi sdm dampak yang akan timbul dari pemisahan tersebut adalah pada pengurangan jumlah karyawan. Bener kata ayya, untuk memisahkan Ats dari API dan APII itu membutuhkan biaya yang cukup besar maka dari itu untuk memiliki sdm yang berkualitas seperti yang dikelola oleh API dan APII membutuhkan biaya pelatihan dan pengembangan karyawan yang cukup besar juga.

regards
dessya

Response :
Terima kasih Desya pendapatnya. .

Regards
Ratna

Response :
assalamualaikum, stevie mau kasih pendapat
agar tak terlalu mnimbulkan masalah pemerintah perlu mengkaji ulang rencana pemisahan tersebut karena dirasa selain kurang efektif, juga dapat menimbulkan biaya tinggi.

mhn maaf bla ada kslahan
wlaikumsalam wr wb.
salam :Stevie

Response :
Terima kasih stevi atas pendapatnya,
aku mau tanya stevi, upaya apa yang harus dilakukan pemerintah dengan perbedaan pendapat dan dampak dari permasalahan pemisahan ATS ini ?

Regards
Ratna Yuniar

Response :
menurut saya dampaknya lebih kepada mengefektifkan operasional pengaturan lalulintas udara.

salam:Stevie

Response :
Assalamualaikum, ,
aku mau coba kasih pendapat..
bener kata desya,, untuk pemisahan ATS dari PT Angkasa Pura membutuhkan proses..
terutama proses penyesuain yg baru..
jadi aku ngga setuju kalo ATS harus dipisah dari AP untuk saat ini..
karena itu membutuhkan dana yang besar serta tidak efektif dan efisien..

salam ceria selalu
Aria Nindita

Response :
Terima kasih Aria pendapatnya,
Iya dengan terpisahnya ATS dengan Angkasa Pura akan sangat merepotkan, karna dengan ATS di lembagai hanya oleh DEPHUB jadi, secara tidak langsung DEPHUB bersifat sebagai regulator dan operatornya, ini memang sangat tidak efisien yang mungkin dapat mengakibatkan program kinerja yang kurang stabil.

Regards
Ratna Yuniar

Response :
Assalamu'alaikum. ..

Dear ratna,

Nia mau kasih pendapat atas wacana ratna ya..

Menurut nia dengan adanya pemisahan ATS dari Angkasa Pura akan menimbulkan masalah baru yang secara siginifikan akan berpengaruh pada kinerja finansial dan operasional kedua BUMN (AP I dan II) dan kurang efektif karena dapat memunculkan biaya yang tinggi.

Dan jika adanya pembentukan lembaga baru untuk mengelola ATS dinilai sangat tidak efisien, dan belum semua bisnis bandara yang ada di Indonesia memperoleh laba. Artinya, masih terjadi subsidi silang antara bandara yang untung kepada bandara yang rugi, agar tetap bisa beroperasi dengan baik.

Seharusnya pemerintah jangan sibuk mau mengurusi hal yang sudah baik, seperti memisahkan ATS dari pengelola bandara dengan membentuk lembaga baru pengelolaan ATS. Tapi yang terpenting bagaimana melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap organisasi regulator melalui perbaikan sumber daya.

Sekian pendapat dari nia...

maaf jika ada yang salah...

Salam Hormat,
Roesadania
ZZU'07

Response :
dear ratna,,

met malam,,
oia,mengenai pemisahan ATS dar ANGKASA PURA,,
aku sependapat dengan pendapat kamu ratna,,karena pemisahan tersebut sangatlah tidak efektif dan efisien.
dilihat dari segi keefektifan nya,,tidak ada karena mungkin jika pemisahan itu terjadi,,mungkin kerjasama yang di jalin selama ini akan renggang karena masalah jarak.
dilihat dari segi keefisienan nya,,juga tidak ada karena yang ada malahan akan butuh dana yang tinggi.
demikian pendapat aku.

mav ya klo ada salah2 kata.

salam kasih
indah
zz' 07

Response :
Indah terima kasih atas pendapatnya. .

Regards
Ratna Yuniar

Response :
dear ratna,,

met siang,,
oia,mengenai pemisahan ATS dar ANGKASA PURA,,
aku sependapat dengan pendapat kamu ratna,,karena pemisahan tersebut sangatlah tidak efektif dan efisien.
dilihat dari segi keefektifan nya,,tidak ada karena mungkin jika pemisahan itu terjadi,,mungkin kerjasama yang di jalin selama ini akan renggang karena masalah jarak.
dilihat dari segi keefisienan nya,,juga tidak ada karena yang ada malahan akan butuh dana yang tinggi.
demikian pendapat aku.

mav ya klo ada salah2 kata.

salam kasih

indah
zz' 07

Response :
Dear Ratna,

Mau mencoba untuk menambahkan aja nih.

Menurut saya pemisahan antara ATS dan dari AP memang akan menimbulkan masalah baru di bidang ekonomi dan keuangan tepat sesuai dengan judulnya..
Akan tetapi masalah keefektifan dan keefisienan yang sebenarnya terjadi kan kita tidak benar-benar tahu seperti apa keadaan di lapangan. Saya rasa pihak yang berkepentingan harus mengkaji persoalan ini lebih dalam lagi walaupun kesimpulan akhir sudah diperoleh melalui RDP.

Trim's
Tolong koreksiannya jika ada yang salah

Regard
Tyas-ZU '07

Response :
Terima kasih Tyas atas pendapatnya
iya karena pemisahan ATS dengan Angkasa Pura maka yang jadi regulator maupun operator secara tidak langsung pihak DEPHUB dan itu akan terjadi ketidakstabilan dan ketidak efisien dan efektifan dari lapangan maupun dalam manajemen yang ada nantinya.

Regards
Ratna Yuniar

Response :
selamat pagi ratna.

saya mencoba memberikan pendapat tentang wacana kamu.

saya setuju dengan pendapat kamu dan indah.

bila menurut saya buat apa di lakukan pemisahan bila sekarang saja pengaturan lalu lintas udara sudah berjalan dengan baik dan bila di lakukan pemisahan belum tentu berjalan dengan efektif serta efisien dan menimbulkan banyak masalah di masa akan datang.

bila hal tersebut tetap di lakukan lebih baik di lakukan pengajian ulang apa maksud, manfaat,tujuan dan apakah bila di lakukan pemisahan tersebut kondisi pengaturan lalu lintas akan jauh lebih baik dari pada saat ini.

sekian pendapat dari saya mohon maaf bila ada kata-kata yang salah.

salam hormat
mery - ZZ07

Response :
Terima kasih Mery atas pendapatnya. .

Regards
Ratna Yuniar

Response :
assallamuallaikum Ratna,

pagi semua...

cndy mau ikut berpendapat ya ratna,
aku sependapat sama kamu,ATS tetap dipertahankan pengelolaannya oleh PT.AP I dan AP II,toh kenyataannya sekarang ini sudah berjalan baik ,dan apabila tetap dipisahkan akan menimbulkan masalah baru baik ekonomi maupun keuangan.sesuai yang dijelaskan diwacana kamu..

sedangkan dampak negatifnya,cndy mendapat informasi,
Jika ATS dipisahkan dari PT.Angkasa Pura,dan Dephub tetap bersikeras mengalihkan pengelolaan tersebut, dikhawatirkan akan terjadi rangkap fungsi antara regulator dan operator. "Artinya, Dephub selaku regulator juga merangkap sebagai operator,".

kalau menurut cndy,pemerintah harus mengkaji ulang rencana pemisahan ATS dari Angkasa Pura,Hal itu untuk menumbuhkan good government and good governance.
Agar tak ada diskriminasi. dan pemerintah harus melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap organisasi regulator melalui perbaikan sumber daya.

sekian pendapat dari cndy,kurang lebihnnya mohon maaf ya ratna.

salam
chindy febriningtyas

Response :
Assalammualaikum

cindy terima kasih pendapatnya. .
iya aku setuju karena jika Dephub merangkap jadi operator dan regulator itu sangat tidak efisien dan efektif, buktinya ATS selama ini sudah di tangani pihak UPT, AP I dan AP II saja masih dinilai kurang perhatian dari pihak-pihak tersebut apalagi jika operator dan regulator tersebut di kepalai oleh satu badan saja.

maaf jika ada kata salah.

Regards
Ratna Yuniar

Response :
assalamualaikum
selamat malam semuanya

buat ratna

aku mau ikutan berpendapat ya di wacana kamu mengenai soal pemisahan ATS dengan angkasa pura yang direncanakan kalo menurut aku semuanya itu dibutuhkan proses dan rencana yang sangat matang agar tidak menimbulkan masalah" baru dikemudian hari,jadi pemerintah harus melihat dari sisi positif dan sisi negatifnya.kalo lebih banyak sisi positifnya kenapa tidak untuk dilakukan pemisahan.

tetapi kalo pemisahan ATS tersebut hanya dapat menimbulkan masalah baru dan biaya yang dikeluarkan lebih tinggi sebaiknya jangan dilakukan,lebih baik mempertahankan yang sudah ada dengan melakukan perbaikkan" secara berkala agar ATS tersebut dapat dikeolah secara efektif.

jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya..

best regards
rani ramadhania

Response :
Assalammualaikum

Terima kasih Rani pendapatnya

Menurut Rani apa yang harus dilakukan pemerintah dengan adanya perang pendapat antara komisi V dan VI DPR RI dengan Menteri Perhubungan ?
dan perbaikan secara berkala itu seperti apa ?
dan dampak apa yang ditimbulkan dengan adanya masalah ini ?

Regard
Ratna Yuniar

Response :
assalamualaikum
selamat malem semuanya
buat ratna,,

aku coba jawab pertanyaan dari kamu ya,,

kalo menurut aku beda pendapat antara komisi V dan VI dengan menteri perhubungan itu adalah hal biasa,tapi jika perbedaan pendapat tersebut masih bisa di atasi oleh kedua belah pihak aku rasa peran pemerintah tidak terlalu dibutuhkan tetapi jika perbedaan tersebut tidak bisa diselasiaikan oleh kedua belah pihak maka pemerintah harus bisa mengambil jalan tengah dari permasalahan ini.agar mendapatkan jalan keluar yang terbaik.

kalo menurut aku perbaikan secara berkala itu perbaikan secara bertahap dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu.

kalo menurut aku dampak yang jelas bgt terjadi dengan adanya masalah ini adalah dari segi financial.
kurang lebihnya mohon maap,jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya..

best regards
rani ramadhania

Response :
malam ratna dan teman2 dan kk2 smuanya:)

...ak mau kasih pendapat jg yah ratna,,,

ak sependapat sama ratna,,,karena selama ini belum terdapat masalah yang dialami oleh ATS secara signifikan, jadi saya rasa pemisahan tidak perlu terjadi, kecuali jika timbul masalah yang dialami oleh manajemen ATS,,,dilihat dari segi biayanya pun, pasti amat sangat besar, jadi kenapa harus mengeluarkan biaya tinggi lagi bila yang lama kinerjanya masih baik...apalagi yg tadi ratna tulis bahwa dulu ATS itu dikelola Dephub dan ternyata tidak efektif, sehingga diserahkan kepada Angkasa Pura.

demikian ratna wacana dari ak, mohon maaf apabila ada salah2 kata ya:)

Fita

Response :
Assalammualaikum
Fita, terima kasih pendapatnya. .
Regard
Ratna Yuniar

Response :
selamat pagi ratna...

maf ratna ak baru bls,,,
pemisahan tersebut tidak terjadi menurut saya apabila komisi VI DPR menjelaskan lebih mendalam kepada pemerintah khususnya mentri perhubungan mengenai dampak2 yang buruk terjadi bila terjadi pemisahan,,dampak tersebut misalnya seperti karena dikelola oleh manajemen baru sehingga para pegawai pun butuh penyesuaian yang tidak sebentar ,dan didalam penyesuaian tersebut pasti mengganggu kinerja karyawan, sehingga pelayanan ATS sendiri akan terganggu.

demikian ratna pendapat saya..

mohon koreksi apabila terjadi kesalahan ya:)

salam
FIta kamsahamita

Response :
Assalamualaikum Na...

Aq mau coba berpendapat nich bwt wacana kmu, klo mEnurut aq sich urusan kesejahteraan yg sekiranya menjadi benang merah pemicu "perang dingin" antara personil ATS, PT Angkasa Pura II (Persero), dan Pemerintah, dalam hal ini Departemen Perhubungan dan Mentri BUMN. Selain itu karena kurang'y perhatian dari pengelola bandara PT Angkasa Pura II, membuat "emosi" yg selama ini terpendam dihati ribuan personil ATS pun meledak. Alhasil, sekitar 1.500 personil ATS menyatakan kesiapan untuk "bercerai" dari PT AP II, guna berdiri sejajar menjadi BUMN.
Dan dikarenakan peran dan fungsi ATS sangat vital bagi keselamatan penerbangan, maka dibutuhkan konsentrasi penuh dari para personil didalam menjalankan tugas dan fungsi'y masing-masing. Artinya, personil tidak boleh dipusingkan dengan beragam persoalan, terutama seputar kesejahteraan. Satu-satu'y jalan untuk bisa menciptakan itu adalah ATS harus mandiri menjadi BUMN.

Mohon maaf apabila ada kata" saya yg salah dan mohon dikoreksi... .terima kasih.

Salam Hormat :
Anomda Rahmadika Putra
ZU07

Response :
Terima kasih Anomda tentang pendapat dan solusinya..

Regard
Ratna Yuniar

Response :
Assalammualaikum
Anomda aku mau coba lanjutin komentar kamu dari wacana aku
Dengan ATS berpisah dari AP I dan II apa bukankah itu banyak sekali resiki yang harus di hadapi karena selama ini kan ATS semuanya AP I dan AP II yang mengelola, jadi jika ATS jadi BUMN maka akan ngulang dari awal lagi termasuk manajemen dan operasionalnya ?
jika ATS jadi BUMN maka siapa yang akan menjadi operator dan regulatornya di dalam operasionalnya ?jika itu semua yang mengatur dalam satu kepala bukannya akan tidak efisien dan tidak efektif ?

maaf jika ada kata yang salah

Regards
Ratna Yuniar

Response :
Assalamualaikum. Wr. Wb.

Ratna,….. Aku setuju dengan pendapat komisi V & VI DPR RI, karena menurut aku kurang efektif pemisahan ATS dengan Angkasa pura, terlalu banyak hal yang dipertimbangkan baik dari segi dana yang dikeluarkan , pengaruh bagi kinerja finasial dan operasional kedua BUMN ( AP I & AP II ) dan lain-lain yang dapat menimbulkan permasalahan ekonomi dan mungkin bisa terjadi konflik diantara mereka.

Seharusnya Departemen Perhubungan tidak usah melakukan pemisahan lebih baik melakukan tidakan atau upaya pembenahan secara menyeluruh terhadap organisasi regulator melalui perbaikan sumber daya yang sudah ada dan memperhatian prestasi kerja mereka dengan memberikan insentif atau bonus yang dapat membuat semangat kerja meningkat sehingga lebih mengefektifkan operasi pengaturan lalulitas udara.

Gitu ja koq binggung.... hehehee... kalo masih solid kenapa harus dipisahkan, mentang-mentang banyak yang cerai.... heheheeeee.. . (just kiding,,, biar ga terlalu serius)

Sekian pendapat dari retno, Mohon maaf kakak2qu dan teman2qu apabila ada kata yang salah dan mohon koreksinya

Terima kasih

Best regard
retno komalasari

Response :
Retno, terima kasih atas pendapatnya. .

aku mau tanya sebaiknya apa yang harus dilakukan sehingga pemisahan itu tidak terjadi ?
dan dampak apa yang terjadi dalam permasalahan ini

Regards
Ratna Yuniar

Response :
Assalamualaikum Ratna

Saya akan berpendapaet mengenai wacana ini. Menurut saya tindakan pemisahan ATS ini pasti sudah ada sisi negatif dan positifnya. Kalau menurut saya sisi negatifnya mungkin akan menimbulkan pro dan kontra untuk ATS. Apakah dengan pemisahan ATS tersebut karyawan ATS tetap BUMN ?. Sisi positifnya menurut saya adalah dengan adanya pemisahan ATS ini diharapkan akan lebih fokus terhadap ruang lingkup kerjanya masing-masing, baik ATS maupun Angkasa Pura.

Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih

Name : Said Fadhli Assegaff
Nickname : ebe

Response :
Assalamuallaikum yuniar.

menanggapi masalah pemisahan ATS dari pengelolaan PT. angkasa pura merupakan gagasan yang cukup baik, akan tetapi rencana tersebut sebaiknya ditinjau ulang kembali..
maksud saya, gagasan tersebut lebih baik jangan langsung memisahkan sepenuhnya. gunakanlah beberapa langkah untuk memisahkan bidang-bidang tertentu sedikit demi sedikit. sampai pengelolaan ATS dinilai siap untuk dikelola sendiri.

karena apabila langsung memisahkan cara pengelolaannya dikhawatirkan akan timbul ketidaksiapan. yang nantinya akan menyebabkan kegagalan dan pada akhirnya menyia-nyiakan dana yang tidak sedikit terbuang sia-sia.

demikian pendapat saya, terima kasih.

salam

Bayu Prayogo

Response :
selamat malam naa..

saya mau mau kasih pendapat saja tentang wacana kamu..
sebelumnya,saya melihatnya dari segi negatif yaa..
Dengan pemindahan tersebut..mungkin akan mengakibatkan beberapa kerugian..
di antara lain jarak dan biaya..

jika ats tersebut di pindahkan..mungkin akan menyulitkan kordinasi dan komunikasi di angkasa pura..
dan mungkin..itu akan memerlukan biaya yang tidak sedikik..
alangkah baiknya..biaya tiu di alokasiakan untuk membangun fasilitas2 yang lebih memadai..

itu pendapat saya..
maaf jika ada kata kata yang salah..

salam..
irfan
mtu 07

Response :
Halo Ratna,
Aku kasih opini yah,
aku sangat setuju banget sama apa yang Ratna bilang,
Tapi kenapa yanh pemerintah koq malah memikirkan sesuatu yang menurut aku kurang penting?
Soalnya pengelolaan ATS oleh PT Angkasa Purakan sudah cukup baik sampai saat ini.

segitu aja si pendapat aku,maaf kalo ada kata-kata yang salah

Selalu tersenyum,
OBUNG

No comments:

Post a Comment